Akibat Banjir, Ribuan Hektar Sawah Terendam

SULTRAKINI.COM: KONAWE UTARA – Curah hujan yang cukup tinggi di wilayah Kabupaten  Konawe Utara beberapa hari ini, memicu Daerah Aliran Sungai (DAS) Meluap. Akibatnya, tak hanya merendam sebagian permukiman penduduk di daerah konut, tapi ribuan hektar sawah siap panen terendam Banjir.

Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Holtikultura, Jahidin mengatakan, untuk Desa Labunga Kec Andowia, Ada 82 Hektar sawah yang terendam banjir, sementara yang Panen baru 52 hektar itu untuk desa labunga saja.

” untuk data di kecamatan Oheo Desa wiwirano ada 11 hektar Yang terendam Banjir, sementara
polora Indah ada 4 Hektar jagung siap panaen juga terendam banjir, Padi ladang 1 hektar persiapan lahan tanam, itu untuk data sementara yang ada, besok baru tim turun mendata di masing- masing Desa”ungkap Jahidin.

Jahidin menghimbau, warga agar padi yang bisa dipanen agar segera dipanen. karena dengan melihat kondisi air yang belum surut dan bisa rusak jika tidak segerah diPanen.

”untung Banjir yang merendam tidak berarus. Kalau berarus, pasti akan membuat tanaman padi roboh dan gagal panen,” ungkap Jahidin.

Di tempat terpisah, Roni salah satu petani Dari desa Wanggudu mengatakakan, ada 10 Hektar padi siap panen yang terendam banjir , dan belum lagi gabah yang belum sempat di angkut sudah terkena air.

“Ada berapa Karung gabah yang basah ini belum di keringkan karna belum adanya matahari,” ungkap Roni.

 

 

Laporan: Sulham Tepamba

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.