SULTRAKINI.COM; KENDARI - Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Sultra, mencatat banyaknya uang yang beredar dimasyarakat. Hal ini terlihat melalui aliran uang keluar dari BI atau outflow selama bulan Januari hingga September 2017 berada diangka Rp 3, 294 triliun.

BI : Banyak Uang Beredar Dimasyarakat
Bahtiar Zaadi selaku Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Bidang Manajemen Intern dan Sistem Pembayaran (KPwBI) Sultra. (Foto: Mita/ SULTRAKINI.COM)

Jumlah uang yang beredar lebih besar jika dibandingkan dengan uang yang kembali ke BI Sultra atau inflow yang tercatat Rp 3,172 triliun, ada selisih satu miliar lebih.

"Posisi inflow pada bulan Januari hingga September 2017 lebih besar jika dibandingkan dengan uang yang masuk atau inflow," ujar Bahtiar Zaadi selaku Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Bidang Manajemen Intern dan Sistem Pembayaran (KPwBI) Sultra, Kamis (02/11/2017).

Sementara itu, untuk Uang Tidak Layak Edar (Utle) yang telah dimusnahkah KPwBI Sultra pada bulan Januari hingga September 2017 berada diangka Rp 657 miliar dengan ketersediaa Uang Layak Edar (ULE) berada diangka Rp 1,7 triliun atau 160 persen dari posisi kas minimum KPwBI.

"Dengan ketersedian kas minimum diangka Rp 1.7 triliun, itu tidak akan ada masalah sampai akhir tahun. Artinya kita sudah tidak ada kendala apapun dalam hal ketersediaan uang, dengan angka tersebut sangat jauh dari cukup, berarapun kebutuhan uang masyarakat Sultra akan kita penuhi," tandasnya.


Laporan : Mita

Tanggapan Anda?

Facebook Conversations