SULTRAKINI.COM: KONAWE KEPULAUAN - Kementerian Hukum dan HAM memberikan penghargan kepada Kabupaten Konawe Kepulaun, Sulawesi Tenggara sebagai daerah yang berhasil memenuhi hak asasi manusia. Pemberian penghargaan ini diserahkan langsung Menteri Hukum dan HAM, Yasonna Laoly pada acara peringatan puncak Hari Hak Asasi Manusia sedunia ke-69 di Solo, Jawa Tengah pada Minggu, 10 Desember 2017. Konkep dianggap salah satu daerah yang sangat peduli terhadap HAM di Indonesia.

Bupati Konkep Terima Penghargaan Peduli HAM
Penghargaan Anugrah Kota Peduli HAM diserahkan Menteri Hukum dan HAM, Yasonna Laoly kepada Bupati Konkep, Amrullah. (Foto: Pemda Konkep/SULTRAKINI.COM)

Penghargaan dengan nama Anugrah Kota Peduli Hak Asasi Manusia (HAM) diserahkan Menteri Hukum dan HAM, Yasonna Laoly kepada Bupati Konkep, Amrullah. 

"Alhamdulillah, patut kita syukuri penghargaan yang kita dapatkan ini. Meski kita sebagai Daerah Otonom Baru (DOB), tapi kita mampu menunjukkan kesungguhan dan kepedulian pemerintah terkait permasalahan HAM di Konkep. Semoga apa yang didapatkan ini ke depan bisa lebih baik dan ditingkatkan lagi," ujar Amrullah, Senin (11/12/2017).

Menurutnya, penghargaan ini akan menjadikan daerah semakin termotivasi untuk berbuat yang lebih baik lagi terhadap masyarakat. "Saya menghimbau seluruh pemangku kebijakan dan masyarakat umum di pulau Wawonii untuk lebih peduli HAM dan meningkatkan kepedulian antar sesama," kata Amrullah. 

Mantan Kadis PU ini menambahkan, penghargaan itu diraih karena Konkep dinilai berhasil membangun kesadaran masyarakat akan produk hukum, dengan terpenuhinya tujuh aspek kriteria mulai dari hak atas kesehatan, pendidikan, perempuan dan anak, kependudukan, pekerjaan, perumahan yang layak, dan hak atas lingkungan yang berkelanjutan.

(Baca juga: Buton Terima Penghargaan HAM dari Kementerian)


Laporan: Kalvin

Tanggapan Anda?

Facebook Conversations