SULTRAKINI.COM: BUTON UTARA - Sektor ekonomi, pendidikan, kesehatan, infrastruktur, tata kelola pemerintahan, dan sektor pelestarian budaya merupakan program prioritas Pemerintah Kabupaten Buton Utara (Butur) di 2018. Hal ini sesuai yang tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).

Butur Prioritaskan Enam Sektor di RPJMD 2018
Pelaksana Tugas Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Butur, Harmin Hari. (Foto: Harto Nuari/SULTRAKINI.COM)

Pelaksana Tugas Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Butur, Harmin Hari mengatakan sesuai RPJM sebagai perwujudan awal tahun 2018, Pemda telah menyusun enam program unggulan yang menjadi prioritas untuk dilaksanakan. 

Pertama, menggerakan sektor ekonomi untuk mendukung kesejahteraan masyarakat. Sektor ekonomi ini mencakup peningtakan pertanian, perikanan, industri rumah tangga, dan ekonomi kerakyatan. 

Dua, mendorong peningkatan mutu pendidikan dengan memporsikan anggaran 20 persen sesuai amanat Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003. Pendidikan sangat penting dalam upaya pengembangan sumber daya manusia. 

Pendidikan merupakan variabel yang menentukan kualitas sumber daya manusia suatu bangsa. Maka menjadi tanggung jawab pemerintah untuk menjamin terselenggaranya pendidikan dengan mutu yang baik. 

"Anggaran pendidikan ini, bisa juga di perpustakaan atau pemberdayaan anak. Intinya, tergantung programnya, bagaimana meningkatkan mutu pendidikan," jelas Harmin Hari di ruang kerjanya, Kamis (23/11/2017).

Wakil Bupati Butur periode 2010-2015 ini menambahkan, sektor ketiga adalah mendorong peningkatan kesehatan. Pemda akan menyiapkan 10 persen anggaran kesehatan, minus belanja pegawai. 

Keempat, peningkatan kualitas dan kuantitas sarana dan prasarana infrastrutur untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Lima, tata kelola pemerintahan, termasuk pemerintahan desa dan pengelolaan alokasi Dana Desa (ADD) sehingga bermanfaat bagi masyarakat.  

Terakhir, pelestarian kebudayaan sebagai inspirasi menunjang dan mendorong pembangunan di daerah.

"Keenam item ini merupakan prioritas kita di tahun 2018," jelas Harmin Hari.


Laporan: Harto Nuari

IKLAN KPU IKLAN LION

Tanggapan Anda?

Facebook Conversations