Delapan Armada Laut Siaga Arus Mudik 1438 H

SULTRAKINI.COM: MUNA – Unit penyelenggara pelabuhan (UPP) Syabandar Raha menyiapkan delapan armada laut bekerjasama dengan sejumlah instansi terkait guna mengantisipasi lonjakan arus mudik dan arus balik jelang Idul Fitri 1438 Hijriah.

Kesiapan armada diantaranya empat unit kapal cepat berkapasitas 600 penumpang beroprasi sejak pagi hingga sore hari dan empat unit kapal malam berkapasitas 500 penumpang sesuai hasil rapat kerja bersama Kapolsek Kawasan Pelabuhan Raha Iptu Syariddin, Kepala Dinas Perhubungan Muna La Oba dan perusahaan pelayaran.

“Kami siapkan 6 unit armada dengan rute Kendari-Raha-Baubau. Sementara Hombes (stay) di pelabuhan nusantara Raha dua unit, yakni satu unit kapal cepat dan satu unit kapal malam,” jelas Kepala UPP Syabandar Raha, Nazaruddin kepada SultraKini.Com, Jumat (16/6/2017).

Tahun ini, armada laut beroprasi tidak memiliki jadwal. Dicontohkan Nazaruddin seperti jadwal kapal malam yang hanya sekali berangkat setiap pukul 22.00 Wita, kini tergantung dari tingkat kebutuhan pengguna jasa.

Id Bulog

“Jadwalnya bisa sampai empat kali, tergantung pengguna jasa kalau fullnya jam 20.00 Wita, Yah langsung berangkat. Begitu juga dengan kapal cepat tidak memiliki jadwal. Sebab itu berdasarkan pengalaman saya bertugas selama tiga tahun di sini (Pelabuhan Nusantara Raha) lonjakan penumpang terjadi di arus balik,” terangnya.

Terkait mencegah kelebihan kapasitas penumpang, Nazaruddin meminta bagi penumpang tidak kedapatan tiket dihimbau menunggu kapal berikutnya dan jangan membeli tiket di luar loket yang telah disiapkan.

“Saya sampaikan dengan hormat, apabila kita sudah menutup penjualan tiket jangan dipaksakan. Dan jangan membeli tiket kepada calo, belilah di loket yang telah kami siapkan, guna menciptakan perjalanan yang aman, nyaman dan hemat,” ujarnya.

Laporan: Arto Rasyid

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.