Iklan Clarion
Festival Pesona Budaya Tua Buton

Forum Kolaka Kratif Terbentuk, Saatnya Ekraf Jadi Tuan Rumah Dikampung Sendiri

SULTRAKINI.COM: KOLAKA- Keberadaan pelaku ekonomi kreatif di Kabupaten Kolaka saat ini tidak bisa lagi dipungkiri keberadaannya. Secara otomatis, pelaku ekraf juga punya sumbangsi besar terhadap perputaran ekonomi. Maka dari itu, berawal dari rasa tanggung jawab dan persamaan persepsi tentang ekonomi kreatif, maka terbentuklah Forum Kolaka Kreatif.

 

Forum Kolaka Kreatif sendiri terbentuk pada tanggal 17 Agustus 2016 dengan komposisi pengurus yang terdiri dari para pelaku usaha dan pemerhati ekonomi kreatif.

 

Sejumlah alasan mendasar terbentuknya forum tersebut, diantaranya dapat dijadikan wadah pemersatu bagi para pelaku dan pemerhati ekraf di Kolaka. Dapat menjadi corong keterlibatan pelaku ekonomi kreatif dalam setiap event dan kegiatan serta hal positif lain di Kabupaten Kolaka.

 

Sekertaris Forum Kolaka Kreatif, Ashadi Jaya mengatakan bahwa saat ini sudah waktuya pelaku ekonomi kreatif menjadi tuan rumah di Kabupaten Kolaka. “Potensi ekraf kita di Kolaka itu sangat luar biasa, hanya saja belum secara utuh menjadi tuan rumah. Salah satu faktor mendasar juga ialah masyarakat Kolaka secara umum belum atau bisa saja kurang informasi tentang segala hasil ekonomi kreatif yang ada di Kolaka. Yang tidak kalah pentingnya adalah masyarakat Kolaka akan kita dorong bisa bangga atas prodak-prodak yang dihasilkan oleh orang Kolaka itu sendiri,” katanya, Sabtu (10/09/2016).

 

Dia juga menambahkan forum ini sifatnya terbuka untuk umum. “Jadi semua elemen bisa ikut bergabung dengan FKK. Baik itu dia pelaku dan pemerhati. Kalau kita satu persepsi tentang ekonomi kreatif pasti akan besar. Yang bisa kita dapatkan dalam forum ini adalah jejaring dan mengembangkan potensi serta salig diskusi menyelesakan kendala sesam pelaku ekraf,” tambahnya.

 

Forum Kolaka Kreatif sendiri telah menjalin komunikasi dengan sejumlah forum ekraf lain di Sulawesi Tenggara. Misalnya, Kendari Kreatif, Bau-bau Kreatif, Bombana Kreatif serta sejumlah daerah lain. Bahkan untuk tingkat pusat, FKK telah terinterkoneksi dengan Badan Ekonomi Kreatif RI. “Artinya seluruh jaringan ini akan kita manfaatkan menylesaikan dan mengembangkan ekraf. Apalagi dalam waktu dekat akan dibentuk forum yang menyatukan seluruh pelaku dan pemerhati ekraf di Sultra,” tegasnya.

 

Di FKK sendiri terdapat lima bidang yang akan mengakomodir kreatifitas masyarakat Kolaka. Lima bidang itu terdiri dari bidang Desain (Arsitektur, Desain Interior, Produk, Film/Animasi dan Video), bidang Aplikasi (Aplikasi dan pengembangan permainan, desain komunikasi visual). Bidang Kerajinan (Kuliner, Feshion dan Kriya). Bidang Publikasi (periklanan, penerbitan, televise dan radio). Bidang Seni (Footgrafer, rupa, pertunjukan dan musik).

 

Untuk anda yang berminat bergabung dengan FORUM KOLAKA KREATIF bisa mendapatkan informasi di DPD KNPI Kolaka atau warkop KNPI Kolaka.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.