SULTRAKINI.COM: KONAWE SELATAN - Kantor Departemen Agama Perwakilan Konawe Selatan (Konsel) Provinsi Sulawesi Tenggara menggelar upacara memperingati Hari Amal Bhakti (HAB) Kementerian Agama RI ke-72 di Halaman Kantor Kementerian Agama setempat pada Rabu, 3 Januari 2018. Bertemakan "Tebar Kedamaian", Bupati Konsel, Surunuddin Dangga membacakan sambutan Menteri Agama RI, Lukman Hakim Saifuddin, sekaligus bertindak sebagai inspektur upacara.

HAB ke-72 di Konsel, Tebar Kedamaian
Bupati Konawe Selatan, Surunuddin Dangga saat menjadi inspektur upacara pada HAB ke-72 di kantor Kementerian Agama Konsel, Rabu (3/1/2018). (Foto: Adryan Lusa/SULTRAKINI.COM)

Tema yang diangkat memiliki makna agama berfungsi menyemai kebaikan dan menebar kedamaian yang akan membawa kebahagiaan yang juga jalan menuju kesejahteraan dan kemajuan yang merupakan pintu kemaslahatan bersama.

"Kemenag hadir untuk mengatur, membimbing, melayani, serta melindungi semua pemeluk agama dalam negara kesatuan RI, yang pelaksanaan tugas dan fungsinya menyertai denyut nadi kebangsaan kita. Kemeneag bertugas sebagai pengawal dasar negara yaitu pancasila yang didalamnya mengandung nilai-nilai agama dan mencerminkan jati diri Bangsa Indonesia," kata Surunuddin dalam sambutannya, Rabu (3/1/2018).

Dia menambahkan, Kemenag hadir dengan misi yang sangat berkaitan di setiap diri aparatur sipil negara (ASN), beberapa di antaranya memperluas akses pendidikan agama dan keagamaan yang bermutu dan menjaga kerukunan hidup antar umat beragama.

"Jadi kita tidak boleh lagi bekerja seperti kacamata kuda yang minim kepedulian terhadap sekitar, dengarlah aspirasi dari berbagai arah, agar kita capai target kinerja sekaligus memenuhi harapan publik dengan bekerja sesuai istilah Agama Taqdimul Aham Min Al Muhim/dahulukan yang terpenting dari pada yang penting," lanjut Surunuddin.

Turut hadir dalam upacara itu, Wakil Bupati Konsel Arsalim Arifin, Ketua DPRD Irham Kalenggo, Wakapolres Konsel Kompol Rahman Dundu, Pimpinan dan staf SKPD Lingkup Pemda Konsel, instansi vertikal, dan jajaran pemerintahan lainnya.


Laporan: Adryan Lusa

Tanggapan Anda?

Facebook Conversations