SULTRAKINI.COM:KONAWE SELATAN- Pemerintah kabupten Konawe Selatan, Provinsi Sulawesi Tenggara menggelar upacara peringatan hari pahlawan ke-72, bertempat di Rujab Bupati Konsel dengan tema --Perkokoh Persatuan Membangun Negeri Mewujudkan Desa Maju Konsel Hebat-- Jumat (10/11/2017).

Hari Pahlawan ke-72, Ini Kata Bupati Konsel
Pemda Konsel memperingati Hari Pahlawan Ke-72. (Foto: Adryan Lusa/SULTRAKINI.COM)

Turut hadir dalam peringatan hari pahlawan Mayor Kamil mewakili Dandim 1417 Kendari , Supriyadi mewakili kepala Kejaksaan Negeri Konawe Selatan, Kapolres Konawe Selatan, AKBP Hamka Mappaitta, SH, Ketua DPRD konawe Selatan Irham Kalenggo,S.Sos., dan seluruh Kepala Skpd Kabupaten Konawe Selatan.

Bupati Konawe Selatan, H.Surunuddin Dangga, saat membacakan amanat Menteri Sosial Republik Indonesia, Khofifah Indar Parawansa, mengatakan bahwa upacara Hari Pahlawan yang dilaksanakan tanggal 10 November setiap tahunnya di seluruh Indonesia guna mengenang jasa para pahlawan sebagai perintis kemerdekaan dan pendiri Republik Indonesia.

Dengan segenap pemikiran,  tindakan dan gerakan perjuangan kolektif yang mereka lakukan sehingga saat ini kita bisa menikmati hidup di bumi Indonesia sebagai bangsa yang merdeka,serta sederajat dengan bangsa lain.

"Hari pahlawan yang kita peringati saat ini, didasarkan pada peristiwa pertempuran terhebat dalam riwayat sejarah dekolonisasi dunia,  yakni peristiwa pertempuran 10 november 1945 di Surabaya. Sebuah peristiwa yang memperlihatkan kepada Dunia Internasional betapa segenap Rakyat Indonesia dari berbagai ras/suku, agama,  budaya dan berbagai bentuk partikulasi golongan bersama sama melebur menjadi satu untuk berikrar, bergerak dan menyerahkan hidupnya, jiwa raganya untuk mempertahankan kemerdekaan indonesia," tuturnya.

Olehnya dikesempatan tersebut, Bupati Konsel mengajak kepada seluruh lapisan masyarakat untuk terus berjuang, bekerja, berkarya menjadi pahlawan bagi diri sendiri, pahlawan bagi lingkungan, pahlawan bagi masyarakat maupun pahlawan bagi negeri ini.

" Selamat hari pahlawan yang ke 72 tahun 2017," tutupnya.


Laporan: Adryan Lusa

Tanggapan Anda?

Facebook Conversations