Kemenpar Dorong Kemajuan Wisata di Teluk Bone, Terutama Kolaka

SULTRAKINI.COM: KOLAKA – Forum Group Discussion pertemuan Nasional dalam Pengembangan Kawasan Teluk Bone, yang digelar di Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara, hari ini resmi berakhir. FGD dihadiri sebagian besar Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Selatan mendiskusikan berbagai hal, termasuk pengembangan destinasi wisata.

Salah satu yang hadir dalam FGD itu adalah Kasubbid Kawasan Pariwisata Terpadu Asdep Pengembangan Wisata Alam dan Buatan, Deputi Pengembangan Destinasi dan Industri Pariwisata Kementerian Pariwisata RI, Antariksa.

Dikatakannya, kawasan teluk Bone adalah salah satu kawasan yang kaya akan destinasi wisata, terutama bahari. Maka dari itu daerah-daerah yang ada di Teluk Bone harus secara aktif menyusun program wisata mereka. Kementerian Pariwisata akan ikut ambil bagian dalam program-program tersebut.

Namun dari 500 Kabupaten/Kota di Indonesia memang tidak memungkinkan Kementerian Pariwisata untuk mendatangi satu persatu daerah itu. Makanya daerah yang lebih aktif berkonsultasi dengan Kementerian Pariwisata, biasanya destinasi daerah itu akan lebih maju.

“Saat sesi Tanya jawab banyak yang tanyakan bagaimana cara mengembangkan pariwisata. Kami dari Kementerian Pariwisata, pasti akan merespon dari keinginan para Kabupaten/Kota yang ikut dalam FGD ini. Kami mengundang teman-teman daerah untuk datang ke Kementerian Pariwista. Banyak sekali sebenarnya kegiatan yang bisa kami arahkan ke daerah. Namun yang perlu kami garis bawahi semua program itu harus dijemput oleh daerah,” katanya, Kamis (09/03/2017).

Dia menambahkan, dirinya sangat optimis untuk destinasi wisata di Kabupaten/Kota di Teluk Bone akan cepat berkembang. Sebab kriteria daya tarik wisatanya memiliki kesamaan dengan daerah lain yang ada di Indonesia. 

“Seperti di Kolaka, Kolaka ini dengan Wakatobi tidak terlalu jauh, Kolaka juga banyak pulau dan daerah pesisir. Atraksi wisata di Kolaka sudah sangat banyak dan begitupun dengan akses. Di Kolaka sudah ada Bandar udara yang menghubungkan Kolaka dengan daerah lain, ada pelabuhan dan sebagainya. Cuma yang perlu ditingkatkan adalah sarana dan prasarana yang berkaitan dengan wisata,” tambahnya.

Untuk di Kabupaten Kolaka memang terdapat sejumlah pilihan destinasi wisata, mulai dari wisata bawah bahari hingga wisata alam lainnya.

Laporan: Suparman Sultan

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.