SUARA

Kery Larang PNS Nyalon Kades

SULTRAKINI.COM: KONAWE – Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di Konawe tinggal menghitung hari. Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa mewanti-wanti agar para Pegawai Negeri Sipil (PNS) tidak mencalonkan diri sebagai kandidat.

Mantan Ketua DPRD Konawe itu mengatakan, secara aturan perundang-undangan PNS mencalonkan diri dalam Pilkades sah-sah saja. Akan tetapi, dirinya tidak mengizinkan hal tersebut khusus di daerah mimpinannya.

Menurut Ketua Harian DPW PAN Sultra itu, PNS tidak perlu mengambil porsi lain. Urusan desa masih bisa dihendel oleh putra daerah lainnya yang tidak terikat dengan posisi sebagai abdi negara. Terlebih lagi kata Kery, ada guru dan paramedis yang katanya mau ikut mencalonkan diri.

yamaha

“Saya tidak mengizinkan, karena mereka sebagai PNS sudah punya tugas khusus dari negara. Apalagi guru dan paramedis saya tidak bisa restui, karena kita ini masih kekurangan dua tenaga ini,” jelasnya

Kery menambahkan, berdasarkan informasi ada sekira 43 PNS yang hendak mencalonkan diri. Namun sejauh ini, baru ada tiga orang yang menyerahkan formulir.

“Untuk urusan seperti ini, seyogyanya mereka tidak harus cuti, melainkan hanya mengurus izin atasan. Tetapi tadi itu, saya tidak izinkan,” tandas sambil mengatakan, termasuk Sekdes tidak ia izinkan.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.