Pilkada koltim

Konawe Terima WTP Kelima

SULTRAKINI.COM: KONAWE – Pemerintah Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) pada laporan keuangan 2019. Penghargaan kelima ini diserahkan langsung Kanwil Direktorat Jenderal Perbendaharaan Sultra, Arif Wibawa di Kantor Bupati, Senin (19/10/2020).

“Penghargaan tersebut dari BPK. Harapannya tak hanya bidang keuangan yang ditingkatkan lebih baik, melainkan layanan. Reward-nya (keuntungannya) adalah DID (Dana intensif daerah) dari tahun ke tahun akan meningkat,” jelas Arif Wibawa.

Variabel atau kriteria BPK yang digunakan dalam penilaian tersebut, yakni adanya kesesuaian standar akutansi pemerintah dari pengakuan, pengukuran, dan pencatatan transaksi sesuai dengan standar akutansi pemerintah, kecukupan pengungkapan kejujuran dalam mengungkapkan secara memadai dalam laporan keuangan-artinya tidak ada satu rupiahpun yang tidak dicatat dan dipertanggungjawabkan.

Pilkada

“Kejujuran mengungkap dan tidak ada yang disembunyikan. Elemen ketiga adalah kepatuhan dalam perundang-undangan terkait transaksi atas kegiatan yang dilaksanakan sesuai peraturan. Terakhir adalah efektifivitas sistem pengendalian intern, misalnya komitmen pimpinan atas integritas mengelola keuangan, review aparat inspektorat,” jelasnya.

Selain Konawe, sejumlah daerah di Provinsi Sultra juga menerima opini WTP pad laporan keuangannya 2019. “Yang tidak dapatkan WTP tahun 2019 hanya Konawe Selatan, Konawe Kepulauan baru sekali,” sambungnya. (C)

Laporan: Ulul Azmi
Editor: Sarini Ido

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.