Konsumsi Buah Sebelum atau Sesudah Makan?

SULTRAKINI.COM: Berbagai macam buah memiliki kandungan gizi, vitamin, serta mineral yang bermanfaat bagi tubuh. Akan sangat baik jika mengkonsumsi buah setiap hari dan pada waktu yang tepat sehingga kandungan buah bisa diserap oleh tubuh.

Anda harus memperhatikan waktu yang tepat mengkonsumsi buah. Sebagian orang berpendapat bahwa mengkonsumsi buah setelah makan berat merupakan waktu tepat. Tetapi sebaliknya yang berpendapat bahwa mengonsumsi buah sebelum makan berat adalah waktu yang tepat. Jadi mana yang benar?

1. Pagi hari

Sebelum melakukan aktivitas sehari-hari anda sebaiknya mengisi anergi dan vitamin diperlukan oleh tubuh. Pada pagi hari mengkonsumsi buah menjadi waktu yang tepat. Ketika perut dalam keadaaan kosong, sistem pencernaan mampu memproses buah dengan baik dan tubuh secara maksimal menyerap nutrisi yang terkandung dalam buah tersebut.

Ingat, sebelum makan buah sebaiknya dianjurkan minum air putih.

2. Sebelum makan berat

Sebenarnya waktu yang tepat mengkonsumsi buah adalah sebelum makan-makanan yang berat. Tepatnya 30 menit sebelum mengkonsumsi nasi atau makanan berat lainnya. Kandungan vitamin dan mineral dari buah lebih mudah dicerna di bandingkan mengkonsumsi makan berat.

3. Makan buah pada sore hari

Setelah aktivitas padat, tubuh memerlukan kembali anergi dan mineral. Jadi anda perlu mengkonsumsi buah pada sore hari agar tubuh dapat memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral.

4. Setelah dan sesudah berolahraga

Ketika mengkonsumsi buah sebelum olahraga tubuh akan mendapat anergi lebih untuk berolahraga. Sebaiknya konsumsi buah 30 menit sebelum olahraga agar tubuh memberi anergi, dan hidrat yang lebih, serta anda tidak mudah lelah pada saat olahraga.

Hal yang sama anda lakukan setelah olahraga, yaitu mengkonsumsi buah karena setelah berolahraga tubuh banyak kehilangan energi dan kelelahan, serta berkeringan sehingga tubuh kembali membutuhkan enargi dan mineral.

Setelah berolahraga, buah yang terbaik dikonsumsi, yaitu memiliki kandungan tinggi serat dan mengandung gula alami.

Sumber: Idntime.com dan Kompas.com

Laporan: Yuti Sandra J.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.