SULTRAKINI.COM:KONAWE SELATAN- Bupati Konsel, H. Surunuddin Dangga, ST. MM mencanangkan gerakan pemanfaatan Taman Nasional Rawa Aopa di Kecamatan Angata sebagai wilayah pengembangan ekowisata terintegrasi dengan perikanan ikan air tawar dan potensi pertanian untuk menggerakkan dan meningkatkan tingkat perekonomian warga.

Kunjungi Rawa Aopa Bupati Konsel Canangkan Gerakan Ekowisata Terintegrasi
Bupati Konawe Selatan, H.Surunudin bersama jajaran saat kunjungan di Taman Nasional Rawa Aopa. (Foto: Adryan Lusa/SULTRAKINI.COM)

"Kita akan buatkan sentra pemeliharaan ikan air tawar yang memiliki nilai ekonomis. Potensi pertanian juga akan kita kembangkan seperti tanaman sagu yang sudah menjadi makanan khas daerah. Kita fokuskan dan anggarkan pencanangan ini mulai tahun ini, dan pembahasan dalam APBD Tahun 2018," ujar Surunuddin, saat kunjungan di Taman Nasional Rawa Aopa, Kec Angata, Rabu (14/11/2017).

Lanjutnya, Konsel masih memiliki banyak potensi wisata yang dapat menghasilkan pendapatan daerah. Tapi karena sarana dan prasarana yang belum mendukung, sehingga untuk pengembanganya melalui pemanfaatan Dana Desa, agar pemerintah desa dan masyarakatnya ikut bertanggung jawab mengembangkan serta memperhatikan program yang dicanangkan.

"Kerjasama ini sangat bermanfaat dan saling menguntungkan, kita buat dengan baik dan rapi. Sehingga menjadi menarik untuk dikunjungi baik wisatawan lokal, nasional maupun mancanegara. Kita juga mengajak para investor agar ikut ambil bagian dalam pengembangan ekowisata ini, dan kita siapkan paket wisata untuk menarik wisatawan," jelasnya.

Lebih jauh, mantan Ketua DPRD Konsel ini mengatakan jika penataan tempat pariwisatanya indah dan bersih serta pengembangannya berhasil dengan baik serta ada hal yang unik, tentu akan menarik minat para wisatawan dan meningkatkan taraf hidup masyarakat setempat

"Dan terpenting peran Kehumasan untuk selalu bersinergi dan menjaga hubungan baik dengan insan pers serta lembaga sosial kemasyarakatan lainnya. Karena dengan informasi media baik cetak maupun elektronik sangat membantu dalam mengangkat citra positif program kita, sekaligus mempromosikan kegiatan pencanangan ini, juga lebih efisien," tandasnya.


Laporan: Adryan Lusa

Tanggapan Anda?

Facebook Conversations