Iklan Clarion

Lomba B2SA, Muna Juara Umum Sajikan Menu Khas Daerah

SULTRAKINI.COM: MUNA – Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Muna, dinobatkan juara umum dalam lomba Cipta Menu Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA). Perlombaan diadakan Dinas Pangan Pemerintah Sultra itu, diikuti 17 kabupaten/kota di Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) di Hotel Grand Clarion Kendari pada 16 Mei 2017 lalu.

TP PKK Muna berhasil meraih dua tropi dari lima kategori lomba, yaitu kategori aneka ragam menu dan kategori favorit dewan juri.

[ Klik Banner untuk ke Halaman Registrasi ]

Menurut Sekretaris TP PKK Muna, Isra Nasrun Kaeba, dalam perlombaan cipta menu timnya membuat resep menu pangan lokal selama tiga hari sesuai kebutuhan keluarga yang terdiri dari ayah, ibu dan satu anak dengan acuan gizi tercukupi.

“Seperti menyiapkan menu makan pagi, siang dan malam sesuai kebutuhan keluarga. Intinya bagaimana menganekaragamkan bahan pangan lokal,” kata Isra kepada SultraKini.Com, Kamis (18/5/2017).

Dalam lomba B2SA lanjut Isra, PKK Muna menyajikan 17 ragam kuliner dengan menu andalan diantaranya, Rol Ubi Mafu (Ubi Ungu), tangsang kacang merah yang disajikan dalam menu makan pagi serta puding kabuto yang disajikan dalam menu cemilan sore.

“Untuk bahan dasar menu rol ubi mafu kita gunakan ubi Mafu (ubi merembat) sejenis ubi jalar, karena ubi mafu ini hanya ada di Muna, kemudian ubi kayu kuning. Proses penyajiannya semua ubi dikukus kemudian diulek ditambahkan kelapa dan garam setelahnya dikukus sekitar 20 menit. Selanjutnya diletakkan di atas cetakan, gulung ubi kuning yang dilapisi ubi mafu kemudian kembali dikukus hingga matang lalu disajikan,”jelasnya.

Sedangkan penyajian menu tangsang kacang merah, menggunakan batang pisang bugis yang masih muda diambil bagian dalamnya. Di iris-iris kecil kemudian dimasukan ke dalam kacang merah yang sudah direbus dan dicampurkan 50 gram udang.

“Untuk menu puding Kabuto (ubi yang dikeringkan) dijadikan tepung dicampur gula pasir dan santan kemudian diaduk hingga kental, dicetak sesuai selera setelahnya dikukus sampai matang dan siap disajikan dengan saus,” ucap Isra.

Berikut 17 menu pangan lokal khas Muna yang tersaji dalam lomba B2SA diantaranya menu makan pagi: Rol Mafu Talas Ungu, Serabut Ikan Kering, Tangsang Kacang Merah. Sedangkan menu cemilan pagi berupa Keranjang Singkong dan susu kedelai. Menu makan siang, Sup Timuna, Jagung Rempah, Ikan Meleura, Cah Batang Pepaya, Daging Bombastik, Jus Sirsak. Untuk cemilan sore yakni Puding Kabuto dan Teh Jahe. Sementara menu makan malam tersaji Kaladi Ayam, Cumi Bunga Matahari, Samursak Bening dan Tempe Kita.

Laporan: Arto Rasyid

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.