SULTRAKINI.COM: MUNA - Kompleks rumah adat yang dibangun oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muna, Sulawesi Tenggara resmi dibuka, Kamis (28/12/2017). Rumah adat di Jalan By Pass Kelurahan Butung-Butung, Kecamatan Katobu ini, diresmikan oleh Pelaksana Tugas Gubernur Sultra, Saleh Lasata.

Meriahnya Ragam Tarian Sambut Peresmian Rumah Adat Barugano Wuna
Plt. Gubernur Sultra, Saleh Lasata (tengah) didampingi Bupati Muna, LM. Rusman Emba (kiri) dan Plt. Kepala Dikbud Muna, Ashar Dulu saat disambut dengan pengalungan bunga. (Foto: Arto Rasyid/SULTRAKINI.COM)

Peresmian kompleks Rumah Adat turut dihadiri oleh Sekda Muna, Nurdin Pamone, unsur Forkopimda, para Tokoh Lembaga Adat Muna, kepala SKPD, camat, lurah, kepala desa serta ratusan masyarakat.

Pantauan SultraKini.Com, sekira pukul 10.30 Wita, Saleh Lasata yang didampingi Bupati Muna, LM. Rusman Emba yang tiba di kompleks rumah adat langsung disambut dengan tarian Powele, pengalungan bunga, dan tari Linda yang merupakan ciri khas Muna dalam menyambut tamu kehormatan.

 Kegiatan tersebut juga dirangkaikan dengan penampilan musik tradisional gambus.

Penampilan Musik tradisional Gambus dalam penyambutan Plt. Gubernur Sultra, Saleh Lasata dalam peresmian Rumah adat. (Foto: Arto Rasyid/SULTRAKINI.COM)

Bangunan rumah adat Barugano Wuna nampak berdiri kokoh dengan tekstrur bangunan dari kayu. (Foto: Arto Rasyid/SULTRAKINI.COM)

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Ashar Dulu mengatakan peresmian rumah adat Barugano Wuna yang artinya Hakikat diri orang Muna tersebut akan dirangkaikan dengan pengguntingan pita oleh Plt Gubernur Sultra, pembacaan doa oleh Sarano Hukumu Wuna yang dipimpin oleh Kino Agama Wuna, Laode Baso.

"Selanjutnya peruntukan rumah adat ini akan dikelola menjadi museum. Semua peninggalan masa lalu kerajaan akan dipajang untuk bahan pengetahuan generasi sekarang dan selanjutnya untuk dapat mengenali sejarah masa lalu kerajaan Muna," ungkap Ashar Dulu.

Laporan: Arto Rasyid

Tanggapan Anda?

Facebook Conversations