SUARA

Perusahaan Asal Lampung Investasi Agrobisinis di Kolaka

SULTRAKINI.COM : KOLAKA – Keseriusan Pemerintah Daerah Kolaka dalam mengembangkan sektor agrobisnis di semakin nampak. Buktinya, Pemerintah Daerah kini tengah menjajal perusahaan dari pulau Sumatera.

Kepala Bagian Humas dan Protokoler Pemda Kolaka, Amri dalam press rilisnya menjelaskan, bahwa perusahaan agrobisnis terkemuka di Kabupaten Lampung Timur Provinsi Lampung, siap untuk berinvestasi di Kolaka.

Namun perusahaan tersebut meminta kepada Pemda Kolaka untuk menyiapkan lahan sekitar 4.000 hektar. Lahan yang akan disiapkan nantinya masuk dalam status Areal Penggunaan Lain. Sementara untuk lokasi akan ditempatkan di sejumlah kecamatan seperti Wundulako, Watubangga serta Toari.

“Nama perusahaannya ialah PT. Nusantara Tropical Farm, sebuah perusahaan yang besar di Lampung. Jadi kunjungan pak Bupati ini memenuhi undangan perusahaan tersebut. Bentuk investasi nantinya perusahaan ini akan menginvestasikan modalnya guna membangun pabrik dan pengembangan tanaman tropis,” katanya, Senin (25/01/2016).

yamaha

Tumbuhan tropis yang dimaksud adalah tanaman musiman. “Misalnya Pepaya, pisang, nenas serta pemberian nutrisi. Nanti semua ini dikelola dengan baik. Serta diekspor ke 67 negara,” tambahnya.

Amri menegaskan, langkah yang ditempuh Bupati Kolaka ini sangat penting dan merupakan terobosan yang besar. “Jadi Kolaka pada nantinya tidak lagi bertumpu pada sektor tambang. Sektor lain harus dikembangkan. Inilah yang menjadi cita-cita pak Bupati kedepannya. Kolaka akan dijadikan sebagai sektor komoditi unggul yang bersaing dengan daerah lain di Indonesia,” tegasnya.

Kelak, dengan berjalannya program ini maka secara tidak langsung akan mengurangi angka pengangguran di Kolaka. “Terutama dari sektor pertanian dan perkebunan,” tutupnya.

Editor: Gugus Suryaman

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.