SULTRAKINI.COM: BUTON - Di momen hari pahlawan, Kepala Kepolisian Buton, AKBP Andi Herman SIK beserta jajarannya menggelar upacara tabur bunga di Pelabuhan Banabungi, Kecamatan Pasarwajo, Jumat (10/11/2017) sekitar pukul 08.00 Wita. Dalam kesempatannya, AKBP Andi Herman juga bertindak sebagai inspektur upacara.

Tabur Bunga di Laut, Kapolres Buton: Pahlawan Gugur Tak Hanya di Daratan
Kapolres Buton, AKBP Andi Herman saat melakukan tabur bunga di Pelabuhan Banabungi, Kecamatan Pasarwajo dalam rangka memperingati hari pahlawan 10 November 2017. (Foto: Polres Buton/SULTRAKINI.COM)

Upacara tabur bunga turut dihadiri sejumlah pejabat eselon II dan III lingkup Pemerintah Daerah Kabupaten Buton, satu pleton Koramil 1413-02 Pasarwajo, staf Polres Buton, Satpol PP, Dinas Perhubungan, mahasiswa Akper Buton serta pelajar SMA, SMP dan SD di Kecamatan Pasarwajo masing-masing satu pleton.

Upacara yang berlangsung khidmat itu, diisi dengan penghormatan kepada arwah para pahlawan dan penaburan karangan bunga di atas laut oleh inspektur upacara bersama rombongan lainnya.

"Ini sesuai pesan Bapak Proklamator, sekaligus Presiden pertama Republik Indonesia," ucap Andi Herman.

Momen hari pahlawan diartikannya sangat mendalam, seperti pesan dari presiden pertama Indonesia, Soekarno bahwa bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya. Sebab dalam memperjuangkan bangsa Indonesia, para pahlawan membutuhkan perjuangan dan pengorbanan kala itu.

"Makna kita melakukan kegiatan tabur bunga, karena kita yakin dan percaya bahwa pendahulu dalam rangka memperjuangkan kemerdekaan RI, ada yang gugur di laut bukan hanya di darat. Meskipun tidak disebutkan siapa nama-namanya satu persatu, namun ada yang gugur disini," terang Herman.

(Baca juga: Hari Pahlawan, Jajaran Polres Buton Sambung Silaturahmi dengan Veteran)


Laporan: La Ode Ali

Tanggapan Anda?

Facebook Conversations