000 HPN Prov

TMMD ke-105 di Butur, TNI dan Masyarakat Gotong Royong Bangun Masjid

SULTRAKINI.COM: BUTON UTARA – Kebersamaan masyarakat dan Anggota TNI dalam merehab Masjid At-Taubah di Desa Banua-banua Jaya, Kecamatan Kulisusu, Kabupaten Buton Utara, terpantau saat satgas bekerja pada kamis (04/07/2019). Proses pembangunan masjid di Kampung Bajo ini merupakan rangkaian kegiatan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-105 Kodim 1416/Muna.

Sikap gotong royong tersebut ditunjukkan oleh masyarakat setempat dengan ikut berpartisipasi dalam membantu pembangunan fisik masjid yang berukuran 12×16 meter. Selain itu, emak-emak tidak ketinggalan menyiapkan makanan dan minuman.

Sejak pagi, mereka telah membaur dengan para personel Satgas yang tengah bergelut dalam pembangunan masjid. Pekerjaan mengangkut pasir dan batu, mencangkul tanah, mengaduk semen dan mengangkat air, dilakukan bersama-sama dengan penuh semangat.

Emak-emak menyiapkan makanan para pekerja pembangunan masjid di Desa Banua-banua Jaya, Kecamatan Kulisusu, Kamis (4/7/2019). (Foto: Ardian Saban/SULTRAKINI.COM)
Emak-emak menyiapkan makanan para pekerja pembangunan masjid di Desa Banua-banua Jaya, Kecamatan Kulisusu, Kamis (4/7/2019). (Foto: Ardian Saban/SULTRAKINI.COM)

Danramil 1416-04 Kulisusu, Mayor Inf Buhari Za, mengatakan pembangunan mesjid ini dikerjakan lebih awal sebelum pembukaan TMMD yang dijadwalkan pada 10 Juli 2019. Saat mulai dikerjaakan pada 21 Juni, proses merehab mesjid tersebut dimulai dari awal lagi dengan merebohkan bangunan sebelumnya.

“Pembangunan masjid ini dari dasar artinya diratakan dulu. Kita target pembangunan masjid ini selesai sebelum tanggal 10 Agustus atau saat penutupan TTMD ditargetkan akan rampung. ,” ujarnya.

“Antusias masyarakat ini sangat luar biasa. Setiap harinya masyarakat yang hadir membantu sekitar dua puluh orang bahkan sampai empat puluh orang,” sambungnya.

Ketua RT II Desa Banua-banua Jaya, Mansur mengucapkan terima kasih kepada TNI atas pembangunan tersebut. Katanya masjid sudah lama tidak pernah di rehab bahkan tidak layak di pakai,

“Ini satu kesyukuran kami dengan adanya program TMMD ini, sehingga masjid kami bisa direhab,” tuturnya

Laporan: Ardian Saban
Editor: Habiruddin Daeng

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.