TPI Tomia Bakal Beropersi di 2018

SULTRAKINI.COM: WAKATOBI – Tempat Pelelangan Ikan (TPI) yang berada di pulau Tomia, Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggra akan difungsikan, setelah setahun lamanya dibangun.

“Mengenai waktu pastinya kapan saya belum bisa kasih tahu, tapi intinya 2018 ini TPI itu akan kita fungsikan,” kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Wakatobi, Oktawianus. Selasa (6/2/2018).

Oktawianus mengatakan, kendalanya sehingga belum dioperasi selama ini karena jaringan listrik, jalan, air belum masuk ke lokasi TPI tersebut. “Tahun ini, listrik, jalan, dan, air sudah dalam proses, jadi saya pastikan tahun ini akan beroperasi,” tegasnya.

Menurutnya, TPI ini tiap harinya mampu menghasilkan es balok satu hingga dua ton. Bahkan dengan adanya TPI tersebut, pemerintah mampu mengontrol kapal yang beropesasi di Wakatobi. 

gemilang simpeda bank sultra

“Perairan kita ini kan cukup luas, namun selama ini kita tidak mampu mengontrol jumlah kapal yang peroperasi di Wakatobi. Kan pasti kapal akan beli es di situ, ikan yang dilelang juga di situ, jadi kita bisa tahu jumlah kapal beroperasi berapa, selama ini kan tidak ada,” ungkapnya.

Dia berharap, beroperasinya TPI di pulau Tomia bisa menambah pendapatan asli daerah (PAD) Wakatobi. Sebab nantinya akan ditarik restribusi dari aktivitas di lokasi tersebut.

Laporan: Amran Mustar Ode

Klik untuk daftar event

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.