Pemda Konawe Terus Kejar Target Vaksinasi, Booster Baru 3 Persen

  • Bagikan
Pelayanan vaksinasi di halaman Kantor Bupati Konawe, Jumat (4 Maret 2022). (Foto: Dok Dinkes Konawe)

SULTRAKINI.COM: KONAWE – Pelayanan vaksinasi memperingati hari jadi Kabupaten Konawe ke-62 nampaknya sepi, Jumat (4 Maret 2022). Tercatat pendaftar tidak sampai ratusan orang.

Pemerintah Daerah Konawe, Sulawesi Tenggara membuka pelayanan vaksinasi di Kantor Bupati. Dari catatan petugas, vaksin hanya diberikan kepada 76 orang sampai sekitar pukul 12.30 Wita.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Konawe, Mawar Taligana, kurangnya antusiasme masyarakat yang ingin mendapatkan suntikan vaksin, bukan lagi tanggung jawab pihaknya.

Vaksinasi, kata dia, setiap hari dilakukan di puskesmas maupun Kantor Bupati. Sementara untuk penggerak masyarakat melakukan vaksin sudah dari pihak pemerintah setempat dalam hal ini pemerintah kecamatan, kelurahan, dan lain-lain.

“Tugas utama kita menyiapkan tenaga medis dan vaksinnya, bukan lagi kita harus menggerakan masa untuk divaksin, sudah wewenang pemerintah setempat,” ucapnya, Jumat (4 Maret 2022).

Kegiatan vaksinasi massal tersebut merupakan bagian dari rangkaian peringatan HUT Konawe ke-62. Di satu sisi sebagai upaya Pemda meningkatkan imunitas terhadap paparan Covid-19.

Berdasarkan data Dinkes Konawe, sejauh ini capaian vaksinasi dosis pertama sebesar 85,7 persen atau secara umum masyarakat penerima vaksin sebanyak 199.127 orang. Dosis kedua tercatat 56 persen atau 109.747 orang.

Sedangkan capaian vaksinasi kategori lanjut usia di Konawe baru 60 persen dari target 16.261 orang. Selain itu, vaksin bagi anak usia 6-11 tahun berdasarkan catatan terakhir mencapai 39 persen.
Khusus vaksin booster atau dosis ketiga baru tiga persen.

Baca:   Permudah Pembayaran Zakat, Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa Lauching Muzaki Card

Laporan: Hasrul Tamrin
Editor: Sarini Ido

  • Bagikan