Segmen Pasar SUV di 2022 Diperkirakan Mengalami Pertumbuhan Pesat di Indonesia

  • Bagikan
Test Driver All New Mitsubishi Xpander. (Foto: Suara.com)
Test Driver All New Mitsubishi Xpander. (Foto: Suara.com)

SUTRAKINI.COM: SUV (sport utility vehicle) mengalami peningkatan yang sangat signifikan di pasar otomotif Indonesia dibandingkan dengan pasar MVP dan LCGC. Segman SUV sendiri telah menjadi segman dengan penjualan terbesar di Indonesia semenjak 2020.

Dilansir dari Antaranews.com SUV adalah segman dengan pertumbuhan terpesat di Indonesia, pertumbuhan ini dikarenakan beberapa alasan dimana kondisi jalanan identik dengan lalu lintas macet di kota besar, adanya pemerataan ekonomi, dan pembangunan infrastruktur ke berbagai wilayah indonesia.

Mobilitas tak lagi berpusat di kota besar, tetapi meluas hingga ke berbagai area. Jalan tol dan jalan utama baru dibangun, UMKM, dan industri lokal tercipta diberbagai kota, juga rencana pemindahan ibu kota Republik Indonesia pada akhirnya mendorong pasar otomotif baru.

“Konsumen otomotif di Indonesia punya kebutuhan dasar seperti mobil yang bisa menampung banyak orang terdiri dari masyarakat kolektif yang kerap berpergian bersama-sama. Slelain itu konsumen otomotif di indonesia juga ingin mobil yang bisa memuat banyak barang, bisa di andalkan, punya harga terjangkau serta nyaman di berbagai kondisi jalan”, ungkap manajer PT Honda Prospect Motor Ferdianto Budiono, disela test driver, Rabu (25 Mei 2022).

Berdasarkan hasil riset honda mengenai apa keinginan konsumen dari SUV, didapatkan hasil bahwa Konsumen ingin punya mobil yang menyenangkan untuk di kendarai, punya teknologi mutakhir, unik,dan memberikan fungsi transportasi.

Hal tersebut sejalan dengan apa yang di tawarkan SUV, yakni ground clearance lebih tinggi, mesin lebih bertenaga, kabin lebih luas dan nyaman serta punya teknologi yang lebih canggih.

Baca:   Budget Kecil Bisa Nginap di Fortune Frontone Hotel Kendari

Potensi pasar SUV sendiri diperkirakan akan semakin berkembang setelah honda memperkenalkan SUV RS Concept, yang pertama kali debut di ajang Gaikindom Indonesia internasional Auto Show (GIIAS) 2021 lalu dan saat ini diperkenalkan ke kota-kota besar lainnya di Indonesia.

Laporan: Farhan
Editor: Hasrul Tamrin

  • Bagikan