Ratusan Siswa SD dan SMP di Kota Kendari Menerima Bantuan Kuota Internet

  • Bagikan
Ditjend PAUD, Dikdas dan Dikmen Kemendikbud, Jumeri (kiri) bersama Wali Kota Kendari (kanan) menyerahkan bantuan paket kepada siswa secara simbolis (Foto: Kendarikota.go.id) 

SULTRAKINI.COM: Sebanyak 700 orang siswa tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kota Kendari, mendapatkan bantuan kuota internet gratis sebesar 35 Gb perbulan dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), yang disalurkan melalui Pemerintah Kota Kendari.

Ditjend PAUD, Dikdas dan Dikmen Kemendikbud, Jumeri, mengatakan pemberian bantuan ini merupakan bentuk kepedulian pemerintah kepada para pelajar, agar tetap mengikuti proses belajar mengajar di tengah masa pandemi yang masih berlangsung ini.

“Ini adalah kerja sama yang baik agar anak-anak kita tetap belajar dalam kondisi apapun. Ini adalah contoh baik agar masa-masa sulit terutama kendala ekonomi dapat ditangani dengan baik,” ucapnya.

Bantuan yang bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kota Kendari itu diperuntukkan bagi siswa setiap bulan, selama tiga bulan. Paket internet itu diberikan untuk menunjang kebutuhan belajar siswa, yang saat ini proses belajar belum sepenuhnya tatap muka.

“Kita tau selama Covid-19 ini kan proses belajar mengajar kita ini banyak terkendala dari sisi penyediaan fasilitas teknologi, baik itu jaringan, sehingga kita bisa memberikan informasi dan penjelasan langsung dan mendapatkan informasi dari kementrian,” jelas Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir, Selasa (9/11/2021).

Penyerahan bantuan ini dilaksanakan di Aula Rujab Wali Kota Kendari dan di berikan secara langsung oleh Direktorat Jenderal (Ditjen), Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah (Dikdaksmen), Jumeri dan Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir dan disaksikan oleh Direktur PAUD dan Kadis Dikmudora Kota Kendari.

Penyaluran bantuan paket untuk pelajar di Kota Kendari. (Foto: Dok Pemkot Kendari)

Sementara itu, Kepala Dinas (Kadis) Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Dikmudora) Kendari, Makmur, merinci 700 pelajar yang mendapat bantuan kuota internet tersebut, terdiri dari 500 pelajar tingkat SD dan 200 pelajar tingkat SMP.

Baca:   Alasan Teluk Kendari Layak Jadi Pusat Ekowisata

Menurutnya, bantuan ini diberikan kepada para pelajar yang sama sekali belum tersentuh bantuan internet dari pemerintah, yang akan di berikan selama tiga bulan.

“Bantuan perbulannya itu 35 Gb. Peserta didik harus menggunakan bantuan ini untuk kegiatan belajar mengajar, atau kegiatan yanag ada hubungannya dengan perpustakaan dan sebagainya,” jelas Makmur.

Bantuan paket kuota data internet periode September-November 2021 berikut rinciannya: peserta didik jenjang PAUD 7 Gb/ bulan, peserta didik jenjang pendidikan dasar dan menengah 10 Gb/ bulan, pendidik jenjang PAUD dan pendidikan dasar dan menengah 12 Gb/ bulan

Paket kuota data internet tersu merupakan paket akses all network dengan pembatasan akses.

Laporan: Sita Cahyani
Editor: Hasrul Tamrin

  • Bagikan