SUARA

182 PPDP Buteng Dilatih Profesional Mencoklit

SULTRAKINI.COM: BUTON TENGAH – Demi mendapatkan hasil yang maksimal pada pemutahiran data Pemilu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Buton Tengah (Buteng) melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) kepada 182 Petugas Pemutahiran Data Pemilu (PPDP) yang berasal dari enam kecamatan, bertempat di Kecamatan Mawasangka Tengah (Masteng), Selasa (16/1/2018).

“Yang ikut ini baru enam kecamatan, yakni Mawasangka, Masteng, Mastim, Lakudo, Gu dan Sangia Wambulu, dan untuk Kecamatan Talaga Raya InsyaAllah besok kami akan ke sana,” terang Divisi Perencanaan Program dan Data KPU Buteng, Amir Ede.

PPDP diharapkan dalam melakukan tugasnya secara profesional, agar pemutahiran data pemilu terdata dengan benar dan dapat dipertanggungjawabkan.

“Karena mereka adalah ujung tombak KPU dalam melakukan pemutahiran data, sehingga harus dibekali dengan ilmu dan teknik yang mapan, karena kalau rusak pemutahirannya maka dampaknya sangat besar,” kata Amir saat dikonfirmasi Sultrakini.com, pada acara Bimtek di aula serbaguna Kecamatan Mawasangka Tengah.

yamaha

PPDP yang akan mulai mencoklit secara serentak di seluruh Indonesia tanggal 20 Januari mendatang ini, selain bertugas memastikan semua wajib pilih terdata dan masuk dalam DPT, juga mengeluarkan atau mencoret dengan pasti peserta pemilu yang perlu dicoret sesuai dengan aturan.

“Seperti yang meninggal, pindah domisili, berubah status menjadi TNI-Polri, terganggu jiwanya, yang dicabut hak pilihnya, disabilitas, bukan pendududuk setempat, pada intinya akan divalidasi semua,” tambahnya.

Olehnya itu kami berharap selain data pemilih dapat termutahirkan dan bisa dipertanggungjawabkan, juga kerjasama antara, PPK, PPS dan PPDP, bisa terjalin dengan baik. Sehingga terjalin tim kerja yang baik,” tutupnya.

Laporan: Ali Tidar

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.