SULTRAKINI.COM: KOLAKA - Tcabi, Warga Kelurahan Wolo, Kecamatan Wolo, Kabupaten Kolaka memilih mundur dari keanggotaan Partai Persatuan Indonesia (Perindo). Pernyataannya itu saat tim verifikasi faktual Komisi Pemilihan Umum Daerah Kolaka mendatangi kediamannya, Selasa (19/12/2017).

Anggota Perindo Kolaka Mengundurkan Diri Saat Didatangi Tim Verifikasi Faktual
Tcabi (berhijab) saat diverifikasi oleh tim verifikasi faktual di rumahnya Kelurahan Wolo, Kecamatan Wolo, Kabupaten Kolaka. (Foto: Mirwan/SULTRAKINI.COM)

"Saya tidak tahu apa itu Perindo. Iye, saya tidak mau jadi anggota partai," ucapnya.

Tcabi tercatat memiliki kartu keanggotaan dan nomor registrasi anggota dalam daftar isian sistem informasi partai politik (Sipol). Dia bersikukuh tidak ingin menjadi anggota Partai Perindo.

"Baru dibawakan tadi itu kartu anggota, saya tidak mau masuk, kita kasian ini hanya buta huruf," jelasnya.

Dia bahkan bersedia menandatangani formulir bukan anggota partai dihadapan tim verifikasi. Sebab tak tahu dirinya telah masuk keanggotaan partai tersebut. "Tidak tahu, hanya memang pernah disuruh kumpul KTP katanya ada mau diurus," tambahnya.

Selain Tcabi, Abdul Hamid juga mengalami hal yang sama. Warga Desa Lalonggopi, Kecamatan Wolo ini juga tak mengakui dirinya masuk di keanggotaan partai. Dirinya juga bersedia menandatangani formulir bukan anggota partai.

"Saya tidak tahu itu, saya juga tidak punya kartu anggota," kata Abdul Hamid dihadapan tim verifikasi parpol saat mengunjungi rumahnya.

Abdul Hamid (kaos hitam) saat di verifikasi oleh tim verifikasi faktual di rumahnya Desa Lalonggopi, Kecamatan Wolo, Kabupaten Kolaka. (Foto: Mirwan/SULTRAKINI.COM)

Selain menemukan dua anggota partai yang mengundurkan tersebut, tim verifikasi juga menemukan sejumlah anggota partai tidak memilki kartu keanggotaan.

Meski dalam verifikasi faktual dianggap tidak memenuhi syarat, parpol masih diberi kesempatan untuk perbaikan sampai Januari 2018 mendatang.

Untuk diketahui dalam pekan ini, tim verifikasi parpol KPUD Kolaka turun lapangan guna verifikasi faktual parpol baru, yaitu Perindo dan PSI.

(Baca: Verifikasi Faktual: Perindo Kolaka Belum Penuhi Syarat)


Laporan: Mirwan

Tanggapan Anda?

Facebook Conversations