Hirup Bau Kentut Baik Untuk Kesehatan

  • Bagikan
bau kentut Foto: Hijab & Heels
bau kentut Foto: Hijab & Heels

SULTRAKINI.COM: Siapa saja pasti akan kesal jika menghirup bau kentut, bahkan menganggap kentut sebagai hal yang tidak sopan. Tak hanya itu, bau kentut yang tidak sedap juga menjadi alasan mengapa banyak orang tidak menyukainya.

Namun tahukah Anda, kentut punya manfaat baik untuk kesehatan. Hasil penelitian Prof. Matt Whiteman dari Exeter University, Inggris, Sabtu (18/4) menyebutkan, selain mencegah kembung, ternyata kentut juga bisa menjadi faktor kunci dalam mengobati penyakit stroke, kanker, serangan jantung, arthritis, dan demensia.

Menurut artikel yang dilansir dari situs Higherperspective pada Senin (6/6/2016), bau kentut terutama berasal dari hidrogen sulfida. Saat kita mencerna berbagai jenis makanan yang sudah dikonsumsi, beberapa jenis senyawa akan tercipta.

Salah satunya adalah hidrogen sulfida yang menciptakan berbagai bau yang dapat menyertai gas yang keluar. Kentut yang benar-benar berbau buruk adalah indikator kuat bahwa semuanya bekerja dengan baik di perut.

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa dalam sehari, rata-rata kita akan mengeluarkan kentut sebanyak 14 kali. Tidak semua kentut yang kita keluarkan akan mengeluarkan bunyi atau bau. Jika bau kentut Anda benar-benar mengerikan, itu bukan karena tidak sehat.

Sebaliknya, kentut yang sangat bau berarti Anda telah mengonsumsi jenis makanan yang mengandung hidrogen sulfida yang tinggi akan serat. Satu-satunya waktu di mana Anda harus mengkhawatirkan bau kentut Anda adalah jika Anda mengonsumsi susu. Jika konsumsi susu meningkatkan dan memperburuk bau kentut secara signifikan, Anda mungkin mengalami laktosa intoleran.

Dengan menghirup aroma kentut, risiko terkena kerusakan mitokondria atau organel yang memiliki peran besar pada respirasi akan menurun. Peran mitokondria sangatlah penting bagi tubuh, mengingat kemampuannya dalam menghasilkan energi yang berasal dari nutrisi makanan. Jika mitokondria rusak,  kemungkinan daya tahan tubuh akan menurun sehingga kita lebih mudah jatuh sakit.

Ada penelitian yang menunjukkan bahwa menghirup kentut yang bau memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan. Bau gas metan dapat menurunkan kemungkinan penyakit dan membantu orang hidup lebih lama.

Salah satu penyakit tersebut adalah demensia. Hidrogen sulfida mengubah cara enzim berfungsi dalam penyakit. Semua manfaat ini membuat kentut menjadi hal yang tak perlu dianggap terlalu buruk.

Meski pun tetap harus memperhatikan kapan dan di mana kita harus kentut, sekarang tidak perlu takut akan bau kentut tersebut. Kentut yang bau menandakan organ-organ dalam tubuh bekerja dengan baik. Melihat adanya fakta ini, tak perlu kesal lagi jika ada orang yang kentut di depan kita, cukup menegur dengan baik maka itu sudah cukup.

Sumber: Liputan6.com, Merdeka.com dan Berbagai Sumber

Penulis: Hariati

  • Bagikan