Iklan Clarion

HPN Sumbar 2018 Berikan Anugerah Jurnaslistik Adinegoro

SULTRAKINI.COM: Persiapan Hari Pers Nasional 2018 yang akan digelar di Kota Padang, Sumatera Barat pada Februari 2018 mendatang semakin matang. HPN merupakan kegiatan tahunan diselenggarakan masyarakat pers nasional yang terdiri dewan pers beserta sejumlah organisasi persatuan wartawan di Indonesia.

HPN akan dihadiri dari Dewan Pers, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), Serikat Penerbit Surat Kabar (SPS), Asosiasi Televisi Swasta Indonesia (ATVSI), Asosiasi Televisi Lokal Indonesia (ATVLI), Persatuan Radio Siaran Swasta Nasional Indonesia (PRSSNI), Persatuan Perusahaan Periklanan Indonesia (PPPI), Serikat Media Siber Indonesia (SMSI).

Dalam rapat pematangan HPN Sumbar 2018 pada 9 Januari 2018 di Gedung Dewan Pers, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat ini dipimpin Sekjen Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) yang juga Panitia Pelaksana HPN 2018, Hendri CH. Bangun.

Rapat tersebut membicarakan perkembangan dari persiapan seluruh bidang kegiatan yang menjadi rangkaian dari HPN 2018. Salah satunya adalah penyelenggaraan “Anugerah Jurnalistik Adinegoro” yang merupakan penghargaan tertinggi bagi insan jurnalistik Indonesia.

Adinegoro merupakan putera daerah Sumatera Barat yang lahir pada 14 Agustus 1904 di Kota Sawahlunto dengan nama lengkap Djamaluddin Adinegoro. Ia juga memiliki gelar Datuak Maradjo Sutan.

Adinegoro merupakan seorang sastrawan dan wartawan kawakan Indonesia. Di masa muda, ia menempuh pendidikan STOVIA selama 1918-1925 dan memperdalam pengetahuan mengenai jurnalistik, geografi, kartografi, dan geopolitik di Jerman dan Belanda pada 1926-1930.

Berbagai karya dan dedikasi yang diberikan Adinegoro di bidang jurnalistik nasional, menjadikan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) memakai namanya untuk penghargaan tertinggi bagi insan jurnalis. Setiap tahun penghargaan itu selalu diberikan PWI, dan tahun ini akan diberikan di tanah kelahiran Adinegoro, Sumatera Barat.

Penghargaan Adinegoro tahun ini terbagi menjadi enam kategori perlombaan untuk semua bidang karya jurnalistik. Adapun tema yang diangkat adalah “Merekat Kembali Perasaan Jati Diri NKRI”.

Keenam perlombaan itu adalah in depth reporting, foto berita dan karikatur yang semuanya untuk bidang jurnalistik cetak. Berikutnya ada news features untuk televisi, radio dan media siber.

Tim panitia pelaksana anugerah Adinegoro, Ketty Saukoly menyampaikan bahwa proses penjurian sedang berlangsung dengan beberapa kategori lomba sudah selesai dilakukan penilaian.

“Untuk yang selesai penjurian adalah kategori foto berita. Sementara kategori in depth reporting dan news features media siber, penilaian oleh juri akan selesai minggu kedua Januari,” jelasnya.

Pengumuman pemenang dan penyerahan Anugerah Adinegoro direncanakan pada 8 Februari 2018 dan menjadi satu rangkaian dengan acara pesta adat Makan Bajamba.

Diharapkan pada malam pesta adat ini Presiden Joko Widodo dapat berkesempatan hadir.

Selain itu, dalam rangkaian acara akan dilaksanakan konvensi dan seminar paralel mengenai perkembangan media massa sehari sebelum acara puncak, termasuk di dalamnya pertemuan akbar Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia (IKWI) dan bakti sosial.

Sumber: SMSI

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.