SUARA

Komisioner KPU RI Puji Langkah Inovatif KPU Konut Tingkatkan Partisipasi Pemilih

SULTRAKINI.COM: KONAWE UTARA – Komisioner KPU RI, I Dewa Kadek Wiarsa Raka Sandi mengapresiasi langkah inovatif Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Konawe Utara (Konut), Sulawesi Tenggara dalam meningkatkan partisipasi pemilih.

Menurut Koordinator Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih dan Informasi, I Dewa Kadek Wiarsa, cara meningkatkan partisipasi pemilih di Konut adalah inovatif di tengah persiapan pemilihan kepala daerah.

“Ini merupakan salah satu inovasi yang sangat luar biasa, sehingga kami memberikan apresiasi dari KPU RI terhadap jajaran KPU Kabupaten Konawe Utara atas langkah atau ide kreatif yang mereka lakukan dalam melaksanakan tahapan pilkada,” ucapnya usai usai meresmikan Panggung Demokrasi di halaman Kantor KPU Konut di dampingi Ketua KPU Konut Syawal Sumarata dan Ketua KPU Provinsi La Ode Abdul Natsir, Minggu (16/8/2020).

KPU berharap usai diresmikan, Panggung Demokrasi bisa menjadi sarana masyarakat mengenal lebih banyak pemilihan kepala daerah, sehingga tercipta demokrasi di Konut.

“Terlebih lagi Kabupaten Konawe Utara pernah mencapai partisipasi pemilih 90 persen, sehingga dengan adanya Panggung Demokrasi, Aula Oheo, dan Taman Demokrasi dijadikan salah satu langkah inovatif dalam meningkatkan partisipasi pemilih dengan memperhatikan kultur di daerah ini,” tambahnya.

I Dewa Kadek Wiarsa juga mengingatkan, selama tahapan Pilkada 2020 perlu memperhatikan protokol kesehatan. Sebab, Covid-19 masih mewabah di Indonesia, termasuk Provinsi Sultra.

“Di samping kita melahirkan kepala daerah yang legitimate (sah) karena dipilih secara demokrasi, kita juga harapkan semua komponen masyarakat tetap sehat dengan artian tidak terkonfirmasi Covid-19,” jelasnya.

yamaha

Apresiasi inovasi KPUD Konut juga diucapkan Ketua KPU Provinsi Sultra, La Ode Abdul Natsir. “Cukup kami apresiasi atas persiapan yang dilaksanakan KPU Konawe Utara. Semoga semangat kolektif kita menghadapi pilkada serentak tetap terjaga dan spirit buat anggota jajaran KPU kabupaten/kota di Sultra yang mengikuti pilkada serentak,” ucapnya.

Panggug Demokrasi yang baru saja diresmikan tersebut merupakan salah satu bagian dari Taman Pintar Demokrasi.

Fasilitas ini menjadi wadah untuk mengumpulkan informasi tentang demokrasi. Jadi masyarakat tidak hanya belajar lewat buku, mereka bisa berkunjung ke KPU untuk mendapatkan edukasi tentang perkembangan demokrasi seputar pemilihan umum.

Panggung tersebut juga bisa digunakan sebagai pentas seni dan kegiatan positif lainnya.

Selain panggung demokrasi ada juga Rumah Pintar Pemilu dan ke depan akan ada miniatur TPS untuk simulasi pemungutan suara.

Kunjungan KPU RI di Konut turut dihadiri jajaran KPU Provinsi Sultra dan jajaran KPUD Konut, serta jajaran anggota KPU kabupaten/kota penyelenggara pilkada. (C)

Laporan: Aripin Lapotende
Editor: Sarini Ido

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.