Logistik Pemilu di Kecamatan Wangsel Baru Dikembalikan

SULTRAKINI.COM: WAKATOBI – Kotak suara dari enam TPS di Desa Mola Nelayan Bakti baru tiba di Sekretariat PPK Wangi-wangi Selatan (Wangsel) pada Jumat (19/4/2019) sekitar pukul 01.05 Wita.

Keterlambatan pengembalian logistik berisi surat suara dan formulir C-1 hasil pehitungan suara itu, diakibatkan terjadi kesalahan dalam pengisian formulir C-1.

“Pengembalian kotak suara ke PPK agak terlambat karena ada kesalahan pengisian formulir C-1, seperti daftar pemilih tambahan kadang dimasukan di daftar pemilih khusus, atau sebaliknya,” jelas Ketua PPS Desa Mola Nelayan Bakti, Sardi di Sekretariat PPS, Kamis (18/4/2019).

Sardi memastikan kesalahan pengisian form C1 bukan terjadi pada angka perolehan hasil suara caleg, maupun calon presiden dan wakil presiden. Proses perbaikan juga dijaga petugas keamanan.

“Jadi saat ini, KPPS melakukan perbaikan di Sekretariat PPS dan dipantau langsung PTPS dan PPL,” terangnya.

Fortune

Ketua Bawaslu Wakatobi, La Ode M. Arifin, menjelaskan seyogianya KPU memberikan pemahaman kepada petugas dibawahnya dalam pengisian formulir C-1, sehingga tidak terjadi kesalahan.

Berdasarkan keputusan Mahkamah Konstitusi, jika pehitungan suara tidak selesai dilakukan pada hari pemilihan, diberikan tambahan waktu selama 12 jam, namun mengenai pengisian rekapan dilakukan tanpa jedah.

Dengan adanya keterlambatan ini pihaknya akan melakukan penelusuran jika ada indikasi pelanggaran.

Jalan menuju perkampungan suku Bajo yang kecil, membuat petugas mengangkut kotak suara menggunakan kendaraan tiga roda. Akibatnya, pengangkutannya dilakukan dua kali, berakhir pada pukul 01:30 Wita. Pengembalian kotak suara ini dikawal ketat personel kepolisian dan TNI.

Laporan: Amran Mustar Ode
Editor: Sarini Ido

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.