Pilkada koltim

Pemda Anggarkan 1,4 Miliar untuk Kegiatan TMMD ke -106 di Batauga

SULTRAKINI.COM: BUTON SELATAN – Pemerintah Daeah (Pemda) Kabupaten Buton Selatan mengucurkan anggaran sebesar 1,4 miliar rupiah untuk pelaksanaan program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) yang dilaksanakan oleh satuan Kodim 1413/Buton sejak tanggal 2 Oktober hingga 31 Oktober 2019 mendatang.

Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) TMMD Kodim 1413/BUTON, Letkol Inf Arif Kurniawan, saat mempresentasekan tentang progres kerja dan perkembangan TMMD dihadapan perwira tinggi Staf Kasat Mabes TNI angkatan darat, Mayor Jenderal TNI Agus Suhardi dan Pemerintah Daerah Buton Selatan menyebutkan bahwa anggaran program TMMD yang bersumber dari Pemda senilai 1,4 miliar rupiah.

“Anggaran dari pemerintah daerah dalam kegiatan fisik dan non fisik TMMD tahun ini dengan total yaitu 1,4 Miliar, dengan pembagian pembukaan jalan baru sebesar 400 juta, pembangunan balai pertemuan sebesar 250 juta, dan pembangunan masjid sebesar 750 juta,” ucap Arif dalam persentasinya belum lama ini, Kamis (10/10/2019).

Katanya, anggaran tersebut akan diperuntukkan untuk kegiatan fisik program TMMD yang dipusatkan di Kelurahan Masiri dan Kelurahan Majapahit Kecamatan Batauga Busel. Untuk di Masiri mencakup pembangunan Masjid Masiri di Lingkungan Kolowu Morikana berukuran 10 m x 18 m dan pembangunan balai pertemuan di lingkungan Kolowu dengan ukuran 10.2 x 7.8 meter persegi.

(Baca: Kodim 1413/Buton Gelar TMMD ke-106 di Buton Selatan)

Sedangkan di Kelurahan Majapahit sasaran pembangunan fiaik meliputi pembukaan dan pengerasan jalan baru penghubung antara SMA Negeri 2 Kelurahan Masiri dengam SMP 3 Batauga, Kelurahan Majapahit, Kecamatan Batauga dengan ukuran lebar 5 meter dan panjang 930 meter.

Pilkada

Sementara sisa anggaran lainnya untuk kegiatan non fisik berupa penyuluhan bahaya isis/radikalisme, penyuluhan perikanan oleh dinas perikanan, penyuluhan pertanian oleh dinas pertanian, penyuluhan penggunaan medsos oleh dinas kominfo, penyuluhan wawasan kebangsaan oleh kesbangpol Busel, dan penyuluhan narkoba oleh BNN Baubau.

“Untuk kegiatan non fisik ini diselenggarakan oleh masing-masing Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), anggaran yang disiapkan oleh masing-masing SKPD” terang Arif

Selain dari pemerintah daerah, TMMD di Busel juga mendapat dukungan dana dari mabes TNI sebesar 374 juta 500 ribu rupiah.

“Sebagaian anggaran saat ini sudah kita gunakan sejak awal pembukaan TMMD Kodim 1413/Buton, termasuk untuk pengadaan bahan kontak,” tutup Arif. (Adv)

(Baca: 150 Personel Siap Mensukseskan Program TMMD ke-106 di Busel)

Laporan: Aisyah Welina

Editor: Hasrul Tamrin

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.