SUARA

Pemda Konsel Terus Genjot Sektor Pertanian

SULTRAKINI.COM: KONAWE SELATAN – Pemerintah Daerah Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) terus menggenjot sektor pertanian yang ada. Hal itu diungkapkan langsung Bupati Konsel, H. Surunuddin Dangga, pada acara panen raya padi sawah di Desa Jati Bali, Kecamatan Ranomeeto Barat, Sabtu (15/8/2020), kemarin.

“Sektor pertanian menjadi andalan Konsel ditengah mewabahnya pandemi Covid -19. Untuk itu, kita akan terus mendorong sektor pertanian agar lebih besar lagi demi menyelamatkan perekonomian masyarakat,” kata Surunuddin

Lebih lanjut, Surunuddin juga mengatakan bahwa sektor pertanian memiliki kontribusi penuh dalam menyelamatkan pertemubuhan ekonomi.

“Sektor pertanian kita telah terbukti memiliki kontribusi paling tinggi, dalam menyelamatkan pertumbuhan ekonomi,” ungkapnya.

Oleh karena itu, Mantan Ketua DPRD Konsel ini meminta agar para petani yang merupakan ujung tombak dari sektor pertanian agar tetap semangat dalam menjalankan aktivitas profesinya.

“Sebagai leading sector kita akan selalu mensupport apa yang menjadi kendala para petani di lapangan,” ucapnya.

yamaha

Sehingga, bantuan berupa alat mekanisasi pertanian yang lebih modern dalam mendukung produktivitas para petani selain juga pupuk dan peningkatan infrastuktur pertanian seperti jalan usaha tani.

“Artinya, ke depan Pemda akan lebih fokus kepada pertumbuhan ekonomi dengan cara mengandalkan pertanian untuk menggerakkan ekonomi masyarakat, dan membuat kebijakan untuk membuka ruang sektor pertanian dalam arti luas untuk terus tumbuh dan bergerak,” papar Surunuddin.

Sementara itu Kepala Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan Konsel, Hidayatullah, mengatakan pada panen raya di Desa Jati Bali tersebut tercatat sekitar 236 hektar areal sawah yang panen dengan produktivitas 5.1 ton gabah kering panen setiap hektarnya.

“Varietas padi yang dominan di daerah ini Ciherang,” tutupnya. (B)

Laporan: Afdal
Editor: Hasrul Tamrin

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.