Iklan Clarion

Program Air Minum Masuk Pulau Wanci, Arhawi: Tiga Pulau Lainnya di 2018

SULTRAKINI.COM: WAKATOBI – Program air minum perkotaan diresmikan di Pulau Wanci, Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara, Minggu (17/12/2017). Program untuk masyarakat berpenghasilan rendah ini, bersumber dari APBN 2017 yang tersebar di 25 desa.

Menurut Bupati Wakatobi, Arhawi, program nantinya tersebar di semua pulau di Wakatobi. Namun di 2017, masih difokuskan di ibu kota kabupaten tersebut. Sementara Pulau Kaledupa, Tomia, dan Pulau Binongko akan difokuskan pada 2018.

“Program Pamsimas (Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat) ini program presiden Joko Widodo, dan targetnya 2020 telah tuntas permasalahan air bersih,” terang Arhawi saat meresmikan program tersebut di Desa Tindoi Timur, Kecamatan Wangi-wangi.

Sementara itu, Direktur PDAM Wakatobi, Subardin Bau mengungkapkan untuk Kecamatan Wangi-wangi Selatan jaringan perpipaan telah tuntas, tinggal beberapa desa di Kecamatan Wangi-wangi belum dituntaskan.

Baca Juga

“2018 nanti kita akan selesaikan jaringan perpipaan yang belum selesai di Kecamatan Wangi-wangi,” jelas Subardin.

Terkait 25 desa yang mendapatkan program tersebut, hanya 500 rumah mendapatkan sambungan pipa air bersih. “Untuk Kecamatan Wangi-wangi Selatan ada 16 desa, Kecamatan Wangi-wangi ada lima desa, dan Kecamatan Tomia ada empat desa,” lanjut Subardin.

Laporan: Amran Mustar Ode

Komentar
Loading...