SULTRAKINI.COM: KONAWE SELATAN - Stok sembilan bahan pokok (Sembako) di Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), Sulawesi Tenggara, dipastikan cukup memenuhi kebutuhan menyambut Natal dan tahun baru 2018 oleh Dinas Tanaman Pangan setempat, Selasa (12/12/2017).

Sembako Aman Jelang Natal dan Tahun Baru di Konsel
Operasi pasar di Kabupaten Konawe Selatan, Sultra menghadapi perayaan Natal dan tahun baru 2018. (Foto: Adryan Lusa/SULTRAKINI.COM)

"Bawang, beras, cabe. Sedang beras masih surplus 62.338 ton, jumalah ini bisa mencukupi sampai bulan Maret tahun depan, begitupun dengan daging masih aman saat natal dan tahun baru," jelas Kepala Dinas Tanaman Pangan Konsel, Rafiudin Silondae, Selasa (12/12/2017).

Pantauan kestabilan harga melalui operasi pasar bersama Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Konsel, juga menunjukkan tak ada lonjakkan harga di pasaran.

"Jika ada kenaikan harga bahan makanan, kami akan berencana bekerjasama dengan Bulog guna membahas bagaimana cara menekan harga tidak naik," ucap Kepala Disperindag Konsel, Hadija.

Operasi pasar juga melibatkan aparat kepolisian setempat. Salah satunya keterlibatan Kapolres Konsel, AKBP Hamka Mappaita. Dia turut menghimbau kepada para pedagang untuk memanfaatkan momen perayaan Natal dan tahun baru 2018 untuk tidak melakukan penimbunan barang.

"Masyarakat yang menemukan adanya pedagang yang melakukan penimbunan barang, segera melaporkan kepada pihak kepolisian dan satgas pangan," tegas Hamka.



Laporan: Adryan Lusa

Tanggapan Anda?

Facebook Conversations