Iklan Clarion

Setelah Jadi Kota, Ketua DPRD Kolaka Pertanyakan Nasib Tiga Kecamatan Bagian Utara

SULTRAKINI.COM:KOLAKA – Dalam seminar akhir kajian akademik pembentukan Kota Kolaka, Selasa (29/11/2016) siang di Aula Bappeda Kolama menuai banyak pertanyaan. Salah satunya, soal nasib tiga kecamatan yang berada disebelah utara Kabupaten Kolaka saat ini yakni Kecamatan Samaturu, Wolo dan Kecamatan Iwoimendaa.

Ketua DPRD Kolaka yang sekaligus merupakan tokoh masyarakat ditiga Kecamantan itu mempertanyaan dasar dari pemerintah saat ini untuk menjadikan Kabupaten Kolaka sebagai Kota.

“Harus jelas dulu dasarnya menjadikan Kolaka dari Kabupaten ke Kota. Sebab kalau mengambil mulai dari wilayah Kecamatan Latambaga hingga ke Baula atau Kecamatan Pomalaa, lantas nasib Kecamatan Samaturu, Wolo dan Iwoimendaa seperti apa?. Dia masuk dalam wilayah yang mana?,” tegasnya, Rabu (30/11/2016).

Parmin menambahkan jika tiga Kecamatan itu ikut bergabung dengan Kecamatan yang lain diwilayah selatan maka sudah dapat dipastikan seluruh masyarakat yang ada di Kecamatan sebelah utara kerepotan. Baik itu secara pengurusan administrasi dan lainnya, kalau ibukota Kabupaten Kolaka nantinya berpindah ke Kecamatan Tanggetada.

“Jadi saya rasa keberadaan tiga Kecamatan bagian utara ini yang terlebih dahulu harus dicarikan solusinya,” tambahnya.

“Dan kalau memang nantinya tiga Kecamatan sebelah utara itu masuk dalam wilayah Kota Kolaka maka sangat bagus sekali agar segala urusan mereka dengan perkantoran bisa dekat. Jadi ini masalah jarak saja yang cukup jauh antara Kecamatan wilayah utara dan selatan. Jadi ini harus ada alasan kuat untuk jadi Kota dan solusi yang tepat terkait nasib tiga Kecamatan yang disebelah utara,” cetusnya.

Ketua riset dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Halu Oleo, Marzuki Iswandi menjelaskan bahwa tiga Kecamatan dibagian utara Kabupaten Kolaka sebenarnya juga sudah layak untuk dimekarkan.

“Itu berdasarkan hasil riset kami. Sebab dalam riset persiapan Kolaka menjadu kota, daerah tersebut juga kita datangi. Ini hanya gambaran saja. Semuanya itu tetap kembali kepada kebijakan pihak-pihak yang terkait,” katanya.

Memang dalam seminar akhir pembentukan Kota Kolaka, tim riset dari Universiras Halu Oleo Kendari mngatakan ada empat Kecamatan yabg nantinya masuk dalam wilayah administrasi Kota Kolaka. Empat Kecamatan tersebut adaah Kecamatan Latambaga, Kolaka, Wundulako dan Baula. Sementara Kecamatan Pomalaa masih sebatas wacana apakah juga ditarik masuk dalam wilayah Kota Kolaka atau tetap bergabung dengan Kecamatan lainnya.

Reporter: Suparman Sultan

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.