Sultra jadi Modern Broadband Province di Kawasan Indonesia Timur

  • Bagikan
Peluncuran Modern Broadband PT Telkom di Sultra oleh Direktur Network dan IT Solution PT Telkom dan Wakil Gubernur Sulawesi Tenggara Lukman Abunawas. (Foto: Hasrul Tamrin/SULTRAKINI.COM)
Peluncuran Modern Broadband PT Telkom di Sultra oleh Direktur Network dan IT Solution PT Telkom dan Wakil Gubernur Sulawesi Tenggara Lukman Abunawas. (Foto: Hasrul Tamrin/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: KENDARI – PT Telkom Indonesia (Persero) meluncurkan Sultra Modern Broadband, Kamis (3/10/2019). Program yang diharapkan mampu memajukan perekonomian di Sultra tersebut, diresmikan langsung oleh Direktur Network dan IT Solution Telkom Zulhelfi Abidin, dan Direktur Costumer Service Telkom Sitti Choiriana yang disaksikan langsung oleh Wakil Gubernur Sultra di gedung STO 1 Telkomm Kelurahan Tipulu.

Direktur Network dan IT Solution Telkom, Zulhelfi Abidin, mengatakan modern broadband merupakan program modernisasi jaringan tembaga ke jaringan fiber optik. Program ini bertujuan agar pelanggan dapat menikmati layanan yang lebih baik karena kualitas layanan berbasis fiber optik dapat menghadirkan performa yang jauh lebih mumpuni, bahkan hingga ketahapan internet of Things seperti Home Security dan lainnya.

“Proses pendirian modern broadband province ini memakan waktu sekitar empat tahun sejak 2015, dan Sultra merupakan provinsi kedua di bagian kawasan Indonesia timur setelah Gorontalo,” ungkap Zulhelfi, usai peluncuran.

Katanya, peresmian Sultra Modern Broadband Province menggunakan berbagai pemanfaatan information and communication technology (ICT) menjadikan Sultra sebagai modern broadband province kedua di kawasan Timur Indonesia.

“Telkom mengucapkan terima kasih atas kerja sama dan dukungan pemerintah provinsi sehingga Sulawesi Tenggara dapat menjadi Modern Province,” kata Zulhelfi Abidin.

Zulhelfi menambahkan saat ini fiber optik ini sudah hampir mencapai 100 persen di wilayah atau daerah-daerah 17 kabupaten/kota di Sultra, dan Kota Kendari yang sudah menjadi pilot projeknya.

Wakil Gubernur Sultra, Lukman Abunawas, yang ikut menyaksikan peluncuran tersebut mengaku cukup mengapresiasi sudah terhubung jaringan fiber optik di Sultra. Dirinya mengharapkan kehadiran konektivitas fiber optik ini dapat mendukung peningkatan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat yang sejalan dengan visi pembangunan di Sultra, yakni Terwujudnya Sulawesi Tenggara yang Aman,Maju, Sejahtera dan Nermartabat.

“Keberadaan modern broadband province tentunya memungkinkan digital life style dapat langsung dinikmati oleh masyarakat bahkan dari rumah sendiri. Demam IOT (Internet Of Things) mendorong telkom untuk memberikan layanan berkualitas bagi masyarakat sehingga dari dalam rumah pun produktivitas dan kreativitas tetap dimaksimalkan,” tutur Lukman.

Implementasi Modern Broadband Province tentunya, sambung Lukman, akan semakin nyata dengan kualitas layanan yang semakin baik, sektor UKM maupun industri lain di Sultra dapat pula menikmati layanan digital ini untuk menggenjot produktivitas karena teknologi berbasis fiber optik mampu memberikan bandwidth lebih besar dan resiko gangguan lebih kecil.

“Keberadaan infrastruktur yang lebih mumpuni ini diharapkan mampu dimanfaatkan oleh banyak pihak untuk memajukan perekonomian di Sultra, dan ini menjadi bukti bahwa Sultra siap menjadi kawasan modern dan siap bersaing dengan provinsi lain termasuk lain di pulau Jawa,” pungkasnya.

Laporan: Hasrul Tamrin
Editor: Habiruddin Daeng

  • Bagikan