Pilkada koltim

Tak Mampu Bendung Aliran Air, Sungai Todombulu Meluap Hingga Merusak Kios Warga

SULTRAKINI.COM: BUTON – Hujan yang turun terus menerus beberapa hari belakangan ini di lingkungan Mambulu Kelurahan Jaya Bakti Kecamatan Sampolawa Kabupaten Buton Selatan (Busel), mengakibatkan Sungai Todombulu meluap hingga ke jalan raya. Korbannya, kios milik warga rusak diterjang aliran air yang cukup deras.

Kapolsek Sampolawa, Iptu Saad ketika dihubungi Minggu (11/6/2017) malam sekitar pukul 19.40 Wita menuturkan, sungai meluap sekitar pukul 13.30 Wita dan langsung naik hingga ke jalan raya dan mengakibatkan arus lalulintas di wilayah iterganggu.

“Jadi sebabnya sampe ada air itu, karena ada dusun di atas itu namanya Todombulu, di situ terjadi genangan air. Memang kan saluran air dari atas, tapi mungkin sudah tidak mampu tahan bobot air tergenang, tiba-tiba langsung jebol dan masuk ke kampung. Tapi hanya sekejap saja, kayak air lewat begitu,” kata Saad melalui sambungan telepon kepada SULTRAKINI.COM.

Lanjut dia, tidak ada korban dalam insiden tersebut. Namun, salah satu kios warga setempat diterjang air yang sempat meluap dan mengakibatkan kios itu rusak.

Pilkada

“Tidak ada korban, cuman ada kios-kiosnya warga itu diterjang air tadi, karena bersamaan dengan materialnya makanya dia rusak. Dan kios itu sampe sekarang belum diperbaiki karena masih hujan juga ini,” terangnya.

Sejauh ini, tambah Saad, kondisi di jalan raya sudah kembali normal. Air yang meluap tersebut sudah habis karena mengalir di sebuah kali yang juga ada di daerah Sampolawa.

“Airnya larinya ke kali, cuman karena faktor drainase di sini kurang baik makanya air dimana-mana ini karena kurang lancar,” pungkasnya.

Laporan: La Ode Ali

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.