Tersedak Duri Ikan, Begini Cara Mengatasinya

Admin - Tak Berkategori
  • Bagikan
ilustrasi (Foto: thinkstock)

SULTRAKINI.COM: Di samping kelezatan rasanya, ikan juga dipenuhi nutrisi yang cukup tinggi terutama pada proteinnya. Akan tetapi ketika tengah asik menikmati ikan, secara tidak terduga kadang-kadang duri ikan atau tulang ikan juga turut tertelan serta tersangkut di tenggorokan.

Sebenarnya duri ikan bisa hancur dengan sendirinya, namun pada jenis ikan tertentu tak begitu saja lepas dari tenggorokan. Oleh karenanya, jangan biarkan terlalu lama agar tak menyebabkan efek buruk pada tenggorokan. 

Menurut spesialis telinga, hidung, dan tenggorokan dari RS Permata Depok, dr Linda Herliana, SpTHT-KL, Mkes, langkah pertama saat tersangkut duri ikan tentunya jangan panik. Lalu yang kedua coba banyak minum air putih dengan harapan duri ikan tersebut terdorong dan segera lepas dari tenggorokan.

“Kalau misalkan minum banyak tidak juga membantu, coba kumur-kumur dengan air garam hangat. Jadi air hangat dikasih garam secukupnya, kemudian kumur-kumur, di arahkan ke arah kerongkongan,” saran dr Linda, sapaan akrabnya kepada detikHealth.

“Soalnya kenapa, garam ini kan mengikat air, jadi kalau misalkan ada kotoran, diharapkan dinding di sekitar kerongkongan yang cenderung kering atau cenderung kempes mukosanya, kalau misalkan ada benda asing yang menancap dia lepas,” terangnya lagi.

Jika langkah-langkah tersebut masih belum berhasil juga, dr Linda menyarankan untuk membuat nasi kepal hangat. Ia mengatakan itu sah-sah saja, sebab semakin cepat teratasi semakin memperkecil pula peluang terjadinya infeksi.

“Yang jelas intinya, kalau ada benda asing masuk, entah itu duri, entah itu tulang harus dikeluarkan, karena pasti berisiko infeksi. Namanya benda asing pasti dia potensi infeksi,” tegas dr Linda.

Sumber: detik.com

  • Bagikan