Kecelakaan Lalulintas di Konawe Menurun Selama Pandemi Covid-19

  • Bagikan
Kasat Lantas Polres Konawe, AKP Sri Endang Fajar Ningsih, (Foto: Ulul Azmi/SULTRAKINI.COM)
Kasat Lantas Polres Konawe, AKP Sri Endang Fajar Ningsih, (Foto: Ulul Azmi/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: KONAWE – Markas Komando Satuan Lalulintas (Satlantas) Polres Konawe mendata terjadi penurunan kecelakaan lalu lintas (Lakalantas) hingga 50 persen selama pandemi Covid-19.

Tercatat, Tahun 2019 kecelakaan lalulintas berjumlah 145 kasus teregistrasi. Memasuki Tahun 2020 tercatat kasus Lakalantaspun menurun sebanyak 71 kasus (data Januari-November).

loker wartawan sultrakini

Kasat Lantas Polres Konawe, AKP Sri Endang Fajar Ningsih mengungkapkan penurunan tersebut terjadi selama pandemi Covid-19 yang melanda berbagai wilayah indonesia di awal tahun ini.

Operasi yustisi juga gencar dilakukan, mungkin karena itu masyarakat mengira operasi masker itu sweeping kendaraan, padahal itu operasi pada masyarakat yang tidak taat pada protokol kesehatan. Mungkin itu juga yang membuat lakalantas berkurang,” ungkap Sri saat diwawancarai diruangannya, Rabu (11/11/2020).

Ia juga mengungkapkan terdapat beberapa titik lokasi yang paling banyak terjadinya kecelakaan lalulintas di wilayah Konawe, diantaranya, kecalakaan Pondidaha, Sampara, dan Besulutu.

“Arah ke Kendari itu paling sering terjadi lakantas” ucapnya.

Adapun upaya yang dilakukan untuk mengurangi angka kecelakaan, pihak Satlantas Polres Konawe secara rutin melalukan sosialisasi langsung kepada masyarakat.

“Setiap hari dilakukan imbauan kepada komunitas dan pengendara, baik secara langsung maupun tidak langsung. Secara langsung seperti kita face to face ketemu dengan komunitas tukang ojek. Secara tidak langsungnya itu kita lakukan imbauan lewat sosial media agar tertib berkendara,” tambahnya.

Baca:   UMK Lakukan Visitasi Akreditasi Melalui Daring Ditengah Pandemi

Terakhir, Sri tidak lupa mengingatkan masyarakat agar tetap mematuhi protokol kesehatan dan mematuhi aturan berlalu lintas.

“Gunakan helm untuk keselamatan anda, lengkapi surat kendaraan anda, dan jangan lupa memakai masker,” imbaunya. (B)

Laporan: Ulul Azmi
Editor: Hasrul Tamrin


loker marketing sultrakini
  • Bagikan