Memakai Bra Saat Tidur Malam Mengancam Kesehatan Payudara

  • Bagikan
Memakai Bra Saat Tidur Malam Mengancam Kesehatan Payudara (foto vemale.com)
Memakai Bra Saat Tidur Malam Mengancam Kesehatan Payudara (foto vemale.com)

SULTRAKINI.COM: Tahukah anda? jika memakai bra saat tidur, bahaya bagi kesehatan. Bra merupakan kebutuhan wajib seluruh wanita dan bra sangat berguna untuk menahan bentuk payudara dalam posisi yang nampak kencang dan etika kesopanan wanita. Jika bra selalu digunakan dalam sehari tanpa melepas walau pun dalam keadaan tidur malam, itu berisiko bagi kesehatan tubuh. Seberapa bahayanya mengenakan bra saat tidur malam?

1. Berkeringat dan gatal-gatal

Sering memakai bra saat tidur berdampak keringat di sekitar payudara dan dapat memicu gatal-gatal yang jika digaruk akan menyebabkan perih dan luka.

2. Gangguan masitis atau kelenjar susu

Bahaya memakai bra saat tidur yang sering terjadi berupa gangguan masitis atau gangguan pada kelenjar susu. Penekanan yang kuat terhadap payudara menyebabkan peredaran darah terhambat dan darah menjadi tersendat, Kondisi ini berdampak peradangan dan munculnya benjolan tak beraturan di seputar payudara bagian bawah.

3. Memicu pertumbuhan kanker

Penekanan pada payudara akibat penggunaan bra ketika tidur dapat merusak sel-sel tubuh di dalam DNA dan memicu pergerakkan sel yang abnormal di payudara yang mampu berubah menjadi sel kanker payudara.

4. Tekanan pada otot dada

Bahaya memakai bra saat tidur ketika remaja dapat mengganggu kinerja otot payudara dan menyebabkan payudara terkadang terasa sakit jika disentuh ketika bangun tidur pada keesokan harinya. Kondisi tersebut disebabkan otot dalam keadaan tegang.

Baca:   April 2020: Utang Luar Negeri Indonesia Tembus US$400,2 Miliar

5. Gangguan tidur

Bahaya memakai bra saat tidur, sering dialami wanita berupa kesulitan tidur dengan cepat dan pulas. Penekanan pada payudara akibat penggunaan bra yang terlalu ketat dan berkawat menyebabkan seseorang merasa tidak bisa menemukan posisi tidur nyaman. Penekanan pada saraf dan aliran darah pada payudara mampu menjadikan seorang terserang insomnia.

6. Kulit teritasi

Bahaya memakai bra saat tidur sering terjadi pada bra yang ketat, berkawat, dan terbuat dari bahan yang tebal, yaitu kulit akan mendapat gesekan ketika seseorang merubah posisi tidurnya secara tidak sadar. Kondisi tersebut memungkinkan munculnya iritasi.

7. Mempercepat pigmentasi

Pemakaian bra selama bertahun-tahun ketika tidur dapat menyebabkan jejak di permukaan kulit secara konsisten yang akhirnya akan membentuk lebam yang tidak sakit. Namun bra yang ketat sangat mudah membuat perrmukaan kulit mengalami penghitaman atau perubahan pigmentasi.

8. Mengahambat aliran darah

Bahaya memakai bra saat tidur yang sering terjadi adalah aliran darah akan mengalami penghambatan ,yang akhirnya menjadikan payudara terasa nyeri ketika bangun pada keesokan harinya.

9.Sesak napas

Pemakaian bra terlalu ketat ketika tidur dapat mengganggu pernapasan. Penekanan yang diakibatkan oleh penggunaan bra ketat dapat menekan dada ketika seseorang sedang bernapas saat tidur dalam keadaan miring atau bahkan tengkurap.

10.Tidur tidak nyaman

Bahaya memakai bra saat tidur biasanya diawali dengan rasa tidak nyaman ketika tidur. Posisi tidur apa pun menyebabkan seorang merasa tidak santai karena penekanan dari bahan bra yang sedang melekat di kulit, yang menyebabkan seseorang merasa payudaranya seperti sedang diganjal sesuatu.

11.Gangguan limfa

Baca:   Wanita Tanpa Perisai

Bahaya memakai bra saat tidur yang paling ditakuti ketika memakai bra dengan ukuran yang tidak sesuai dengan bentuk payudara itu sendiri. Jika terlalu ketat, dapat mengganggu kinerja organ internal lmfa yang kehilangan kemampuannya memproduksi kelenjar getah bening secara normal.

12.Payudara nyeri

ketika seseorang tertidur dalam keadaan tengkurap. Saraf-saraf payudara menegang dan peredaran darah akan tersumbat dan tidak lancar, akhirnya seseorang mengalami nyeri dan sakit pada payudara secara berkesinambungan.

13.Ulu hati tidak nyaman

Bahaya memakai bra saat tidur yang paling klasik adalah ulu hati jadi ikut tidak nyaman karena adanya penekanan pada dada yang merambat ke arah ulu hati ketika tidur dalam posisi miring.

14.Mengganggu jantung

Bahaya memakai bra saat tidur yang sering dialami ketika seorang wanita berusia di atas 40 tahun adalah terjadinya gangguan jantung. Peredaran darah yang tidak lancar pada payudara dapat mempengaruhi kinerja jantung secara bertahap.

15.Merubah bentuk payudara

Bahaya memakai bra saat tidur pada remaja yang sering terjadi adalah berubahnya bentuk payudara kiri dan kanan yang tidak sama. Hal ini menyebabkan tampilan payudara menjadi tidak baik.

16.Memicu pertumbuhan jamur

Bra yang terbuat dari bahan yang tidak bisa menyerap keringat dan dibuat dengan menggunakan busa dapat menekan peredaran darah menjadi tersendat. Bahan busa mempercepat munculnya pertumbuhan jamur jika kulit dalam kondisi berkeringat yang berlebihan.

Baca:   75 Pegawai BPS Sultra Disuntik Vaksin Sinovac Tahap Satu

17. Pori-pori tidak bernapas

Bahaya memakai bra saat tidur yang paling sering terjadi pada wanita di dunia berupa kekenduran jaringan payudara. Pori-pori kulit sekitar payudara yang mendapat tekanan dari bra dapat menyebabkan pori-pori terhalang dan sulit bernapas secara lancar.

18. Menghambat masuknya oksigen

Memakai bra yang terlalu ketat saat tidur dapat menghambat masuknya oksigen melalui rongga hidung. Oksigen yang masuk tidak akan normal dan lancar sehingga memicu seseoang mengalami gangguan sistem pernapasan.

19. Nyeri bagian puting

Bahaya memakai bra saat tidur secara terus-menerus selama bertahun-tahun rentan mengalami gangguan kesehatan sekitar puting. Puting akan mengalami pertumbuhan kista akibat pergerakan sel yang abnormal di sekitar puting akibat penekanan.

20. Depresi

Bahaya memakai bra saat tidur yang sering terjadi pada wanita adalah serangan rasa cemas dan gelisah berlebihan. Pemakaian bra ketat dan berkawat mampu membuat seseorang merasa ada tekanan pikiran yang mengganggu. Kondisi ini berhubungan dengan aliran darah yang tidak lancar sehingga tubuh menjadi pegal, nyeri, dan dada terasa berat. Kondisi tersebut berpotensi terserang depresi.

Sumber: Halosehat

Laporan: Yuti Sandra J

  • Bagikan