Pemda Konawe Apel Siaga Pasukan Hadapi Potensi Bencana Alam

  • Bagikan
Apel Siaga Bencana Pemda Konawe dipimpin oleh Bupati Kery Saiful Konggoasa, Selasa (15 Maret 2022). (Foto: Hasrul Tamrin/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: KONAWE – Mengantisipasi potensi ancaman bencana alam yang sewaktu-waktu terjadi di Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara, pihak Pemerintah Daerah mulai mengsiasati hal itu dalam Apel Siaga Pasukan, Selasa (15 Maret 2022).

Apel Siaga Pencana di halaman Kantor Bupati Konawe dipimpin langsung Kery Saiful Konggoasa selaku Bupati serta diikuti jajaran Badan Penanggulangan Bencana, dan stakeholder terkait.

Bupati Konawe mengatakan, kegiatan tersebut bagian dari komitmen bersama mengatisipasi bencana alam hingga upaya penanggulangannya termasuk di dalamnya kesiapan sarana prasarana dan sumber daya manusia.

Di satu sisi bentuk sinergitas bersama TNI-Polri, pemerintah, masyarakat dalam hal menghadapi bencana dan upaya mitigasi melalui pembangunan fisik maupun penyadaran dan kemampuan semua elemen.

“Semua itu dilakukan agar upaya penanggulangan bencana alam berjalan lancar, efektif, dan efisien,” ucap Kery.

Apel Siaga Bencana Pemda Konawe dipimpin oleh Bupati Kery Saiful Konggoasa, Selasa (15 Maret 2022). (Foto: Hasrul Tamrin/SULTRAKINI.COM)

Dia juga berharap instansi pemerintah terkait terus memitigasi bencana alam dengan cara sosialisasi dan pemberdayaan masyarakat. Temasuk secepatnya memberikan informasi kebencanaan. Sebab upaya tersebut bagian dari tanggung jawab bersama.

Ditambahkan Kepala Pelaksana BPBD Konawe, Herianto Pagala, potensi bencana di wilayah setempat sangat tinggi. Musibah banjir, tanah longsor, dan angin puting beling misalnya mampir terjadi setiap tahun.

Berdasarkan hasil pemetaan kerawanan bencana, daerah dengan skala besar terjadi banjir, meliputi Lambuya, Anggaberi, Pondidaha, Padangguni, Asinua, Tongauna Utara, dan Kapoliala.

Baca:   Diduga Dikorupsi, Kejati dan BPK Sultra Didesak Telusuri Program Pamsimas

“Dari segi kesiapan kita sudah siap, baik dari tim maupun dari peralatan,” terangnya.

Laporan: Hasrul Tamrin
Editor: Sarini Ido

  • Bagikan