Serbuan Vaksin Maritim Lanal Kendari Hari Armada, 300 Vial Vaksin Ludes

  • Bagikan
Program serbuan vaksin maritim Lanal Kendari di Desa Ranooha Raya, Moramo. (Foto: Hasrul Tamrin/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: KONSEL – Peringatan Hari Armada RI, Pangkalan TNI Lanal Kendari menggelar serbuan vaksin maritim di Desa Ranooha Raya, Kecamatan Moramo, Konawe Selatan, Sabtu (4/12/2021).

Komandan Lanal Kendari, Letkol Laut (P) Iwan Iskandar, M. Tr, Hanla,,MM mengatakan program vaksinasi yang dilakukan hari ini dalam rangka momentum peringatan Hari Ulang Tahun Armada yang jatuh pada 5 Desember 2021.

“Dalam rangka peringatan HUT Armada ini ada beberapa rangkaian kegiatan yang kita laksanakan, mulai dari upacara bendera hari Senin depan, ziarah di Taman Makam Pahlawan dan termasuk program vaksinasi ini di Desa Ranooha Raya, Moramo,” ucapnya.

Program vaksinasi ini kata dia, di kolaborasikan dengan pemberian bantuan sosial berupa paket sembako, bagi warga peserta vaksinasi di Desa Ranooha Raya dan sekitarnya.

“Vaksinasi ini juga dalam rangka meningkatkan hard immunity atau kekebalan tubuh masyarakat agar terhindar dari bahaya pandemi virus Covid-19 dan juga meningkatkan capaian program vaksinasi di Sultra,” ujarnya.

Komandan Lanat juga menjelaskan, program vaksinasi ini juga sengaja dilakukan di Desa Ranooha Raya karena selain sebagai salah satu desa pesisir binaan Lanal Kendari, sekaligus juga untuk meningkatkan capaian vaksinasi di wilayah pesisir, bagi yang belum tersentuh oleh petugas kesehatan baik dari Puskesmas maupun Dinas Kesehatan.

Baca:   Pemkot Kendari Upayakan Jalan Usaha Tani Menuju Agrowisata Kembang Sari

“Target vaksin yang disiapkan ada sekitar 6.500 vial vaksin pada Hari Armada ini, dengan jenis vaksin Sinovac, dan alhamdulillah hari ini sudah tersalurkan 300 vial disini,” bebernya.

Dia juga mengimbau kepada seluruh masyarakat Kecamatan Moramo dan sekitarnya agar tetap mematuhi protokol kesehatan yang sudah dianjurkan oleh pemerintah utamanya memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan, karena pandemi belum berakhir.

“Sekali lagi kami ingatkan pandemi ini belum berakhir, jadi tetap patuhi protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah, dan tetap ikut melakukan vaksinasi bagi yang belum,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Desa Ranooha Raya, Kecamatan Moramo, Konsel, Marhalim mengatakan sangat berterima kasih dan mengapresiasi program vaksinasi massal yang diselenggarakan oleh Lanal Kendari di wilayahnya. Apalagi program ini dirangkaikan dengan penyerahan paket sembako.

“Dengan adanya program ini sangat terbantu sekali bagi kami pribadi dan masyarakat. Bantuan-bantuan dari Lanal ini sebagai desa binaannya, sangat dirasakan manfaatnya,” tuturnya.

Selain itu, lanjutnya, program ini juga membantu meningkatkan capaian vaksinasi di desa yang semula hanya mencapai 70 persen diperkirakan bisa naik menjadi 80 persen dari 197 kepala keluarga dengan 676 jiwa khusus di Desa Ranooha Raya.

“Jadi sangat terbantu sekali dengan adanya bantuan ini apalagi ada sembako-sembako untuk masyarakat, karena jujur kami senahr masyarakat pesisir sangat merasakan sekali dampak dari pandemi ini, makanya kami sangr berterima kasih dan terbaru dengan bantuan ini,” pungkasnya.

Baca:   Gubernur Sultra Keluarkan Instruksi Terkait PPKM Mikro, Ini Rinciannya

Laporan: Hasrul Tamrin

  • Bagikan