Si Kecil Demam Karena Gigi Mau Tumbuh, Mitos atau Fakta?

  • Bagikan
Ilustrasi

SULTRAKINI.COM: Tumbuh gigi merupakan proses alami yang terjadi pada bayi. Bayi tumbuh gigi sering kali disebut dengan sindrom teething atau sindrom pertumbuhan gigi. Sindrom teething ini ditandai dengan tumbuhnya gigi pertama atau gigi primer yang mulai menembus gusi.

Gigi pertama bayi umumnya akan tumbuh saat memasuki usia 4-6 bulan. Gigi pertama yang muncul biasanya adalah dua gigi depan atau gigi seri di gusi bagian bawah.

Proses tumbuh gigi biasanya diawali dengan gusi yang kemerahan, dan terkadang bengkak karena adanya buldging atau penebalan gusi karena proses tumbuh gigi. 

Ketika sedang tumbuh gigi, si kecil mungkin akan merasa tidak nyaman, terutama di bagian gusinya. Rasa tidak nyaman tersebut bisa terjadi selama beberapa hari hingga beberapa bulan akibat gigi yang tumbuh secara bersamaan.

Lalu, apakah mitos atau fakta jika anak demam disebabkan karena tumbuh gigi?

Dikutip dari HaiBunda.com, pada beberapa anak yang sedang tumbuh gigi, ada juga yang mengalami badan menjadi panas disertai dengan rewel dan tidak mau makan. Apakah tumbuh gigi menyebabkan demam?

Mitos, Bunda. Pada saat sedang tumbuh gigi memang biasanya bisa terjadi sedikit peningkatan suhu tubuh, tapi tidak cukup dapat dikatakan sebagai demam. Gejala tumbuh gigi yang paling banyak adalah iritasi gusi, rewel, dan keluar air liur yang banyak.

Baca:   Telkomsel Gratiskan 60 GB Melalui CloudX, Agar Bekerja di Rumah lebih Optimal

Tanda-tanda bayi tumbuh gigi

Tumbuh gigi anak pertama kali biasanya dimulai pada usia 6-11 bulan dengan tanda berikut ini:

* Bayi mulai susah makan
* Mengeluarkan banyak liur
* Intensitas menangis semakin sering
* Gusi bengkak
* Teething, yaitu bayi suka menggigit gigit barang atau memasukkan tangan ke mulutnya karena gusinya ‘gatal’ atau nyeri.

Cara Menenangkan Bayi yang sedang Tumbuh Gigi

Untuk mengatasi rasa tidak nyaman akibat tumbuh gigi pada bayi, Anda bisa melakukan berbagai macam hal sederhana di rumah, seperti:

1. Menggosok gusi secara perlahan

Untuk mengurangi rasa tidak nyaman akibat peradangan gusi yang dialami Si Kecil, Bunda bisa menggosok gusinya secara perlahan dengan jari atau kain bersih berbahan lembut.

2. Memberikan teether

Bunda bisa memberikan teether atau mainan khusus yang dapat digigit Si Kecil guna mengurangi rasa gatal dan tidak nyaman pada gusi akibat gigi tumbuh. Namun, sebelum memberikannya ke Si Kecil, Bunda dianjurkan untuk mendinginkan teether terlebih dahulu di dalam kulkas selama beberapa saat.

3. Memberikan makanan dingin

Bila Si Kecil telah berusia 6 bulan ke atas, Bunda dapat memberikan potongan apel atau makanan lain yang telah didinginkan. Hal ini dapat mengurangi rasa tidak nyaman yang dialami Si Kecil akibat tumbuh gigi. Jangan lupa untuk tetap mengawasi Si Kecil dengan baik agar ia tidak tersedak.

Baca:   Kementerian ESDM: Pengalihan 450 VA ke 900 VA Belum Tepat Saat Ini

Penyebab suhu tubuh anak naik saat tumbuh gigi

Pada kondisi anak yang sedang tumbuh gigi dan mengalami demam bersamaan, kebanyakan disebabkan oleh infeksi bakteri.

Apakah Si Kecil jadi banyak mengeluarkan liur saat sedang tumbuh gigi? Gusi yang nyeri memang akan membuat mereka banyak mengeluarkan air liur. Bersamaan dengan hal itu, anak yang sedang aktif sering memasukkan tangan dan benda ke dalam mulut untuk mencari kenyamanan akibat gusi yang bengkak.

Selengkapnya di sini

Laporan: Nur Fadhilah
Editor: Hasrul Tamrin

  • Bagikan