Soropia Diguncang Gempa Bermagnitudo 4, Getarannya sampai Konsel dan Kendari

  • Bagikan
Ilustrasi

SULTRAKINI.COM: KENDARI – gempa tektonik bermagnitudo 4 mengguncang wilayah Soropia, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara, Kamis (1 Desember 2022) pukul 10:15:37 Wita. Guncangan gempa dirasakan hingga di Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) dan Kota Kendari.

Monitoring Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika Kendari, gempa di Konawe dipicu aktivitas Sesar Lawanopo berjarak 5,5 kilometer bagian barat laut Soropia, tepatnya berlokasi di laut kedalaman sepuluh kilometer.

loker wartawan sultrakini
Monitoring BMKG tentang gempa di wilayah Soropia, Kabupaten Konawe, Kamis (1 Desember 2022)

Kepala Stasiun Geofisika Kendari, Rudin, menjelaskan guncangan gempabumi dilaporkan dirasakan di Kabupaten Konawe dan Kendari IV MMI (pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah, di luar oleh beberapa orang, gerabah pecah, jendela/pintu berderik dan dinding berbunyi).

Kemudian Kabupaten Konawe Selatan III-IV MMI (Pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah, di luar oleh beberapa orang, gerabah pecah, jendela/pintu berderik dan dinding berbunyi).

“Termasuk gempa dangkal dan hasil pemodelan menunjukkan tidak berpotensi tsunami. Hingga pukul 10.25 Wita, belum terjadi aktivitas gempabumi susulan,” terangnya.

(Baca juga: Fakta-fakta Sesar Lawanopo yang Akibatkan Konut Diguncang 5 Kali Gempa dalam Sehari)

BMKG melaporkan belum ada laporan adanya kerusakan akibat gempa tersebut.

Meski demikian, masyarakat diimbau tetap tenang dan tidak terpengaruh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Serta hindari bangunan retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. Periksa dan pastikan bangunan cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yg membahayakan kestabilan bangunan sebelum Anda kembali ke dalam rumah.

Baca:   Kodim Kendari Utus Lima Orang Pramuka di Perkemahan Nasional Cibubur Jakarta Timur

Laporan: Sarini Ido

loker marketing sultrakini
  • Bagikan