Warga Konawe Mulai Dikenalkan Porang

  • Bagikan
Kepala Dinas Pertanian Konawe, Gunawan Samad. (Foto: Andi Nur Aris.S/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: KONAWE – Porang atau lebih dikenal tanaman umbi-umbian oleh masyarakat petani dengan harga jual tinggi ini mulai dikenalkan di Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara melalui Badan Penelitian dan Pengembangan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian, Senin (25/10/2021).

Warga dan penyuluh di Kelurahan Lalosabila, Kecamatan Wawotobi, Kabupaten Konawe dikenalkan dengan tanaman porang. Bahkan, kelompok masyarakat diberikan bibit porang bersumber dari Komisi IV DPR RI melalui Kementerian Pertanian dan Balitbang Pertanian Provinsi Sultra.

“Penyerahan bibit porang kemarin itu ada dua lokasi, Konawe dan Lambuya,” jelas Kepala Dinas Pertanian Konawe Gunawan Samad, Senin (25/10/2021).

Diterangkan Gunawan, secara geografis tanaman porang sangat cocok dibudidayakan di Konawe sehingga pengembangan tanaman ini terus didukung. Terlebih nilai jualnya yang tinggi dan membantu menambah penghasilan para petani.

“Sudah ada beberapa kecamatan kita pilih untuk budidaya porang,” ucapnya.

(Baca juga: Ekspor Porang Terus Meningkat, akan Jadi Komoditas Andalan Baru)

Salah satu dukungan Pemda, yaitu memberikan bimbingan budidaya porang dan strategi pemasarannya. “Nanti ada pihak penyuluh akan turun langsung ke lapangan membantu para petani kita budidaya Porang,” sambung Gunawan. (C)

Laporan: Andi Nur Aris.S
Editor: Sarini Ido

Baca:   Stikes Karya Kesehatan Kendari Seleksi Maba Gelombang II
  • Bagikan