Bank BTN KC Kendari Gelorakan Penghijauan Tanam Bibit Pohon di Swarna Dwipa Residence

  • Bagikan
Penanaman pohon Bank BTN Cabang Kendari di kawasan kompleks perumahan Swarna Dwipa Residence di Kecamatan Baruga. (Foto: Ist)
Penanaman pohon Bank BTN Cabang Kendari di kawasan kompleks perumahan Swarna Dwipa Residence di Kecamatan Baruga. (Foto: Ist)

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kredit Perumahan Rakyat (KPR) ke- 45 tahun, PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk mendorong pembangunan perumahan yang ramah lingkungan dengan menggelorakan penghijauan melalui penanaman pohon

Upaya tersebut sebagai bentuk komitmen BTN KCS Kendari, yang diwujudkan dengan memberikan bantuan bibit pohon pada perumahan mitra developer PT Bank Tabungan Negara (Persero) sebanyak 45.000 bibit pohon kepada perumahan Swarna Dwipa Residence di Kecamatan Baruga, Kota Kendari.

Upaya ini juga sebagai bentuk peringatan rangkaian HUT KPR ke- 45 termasuk HUT PT Bank Tabungan Negara (Persero), Tbk Kantor Cabang (KC) Kendari.

Acara yang digelar di ruang terbuka hijau (RTH) Perumahan Swarna Dwipa Residence ini dihadiri Branch Manager Bank BTN Cabang Kendari Altaufiq, Direktur Utama PT Swarna Dwipa Residence, Rony, dan disaksikan oleh warga perumahan Swarna Dwipa Residence.

“Manfaat menanam pohon memang tidak bisa langsung dirasakan dalam waktu singkat. Namun dimasa depan, usaha tersebut akan sangat berguna. Misalnya saja manfaatnya untuk menyerap karbon dioksida yang berperan besar dalam kerusakan lingkungan, seperti penipisan lapisan ozon yang berdampak pada meningkatnya panas Bumi,” ucap Branch Manager Bank BTN Cabang Kendari, Altaufiq, usai melakukan penanaman bibit pohon.

Baca:   BPS Laporkan Impor Sultra Menurun 19,42 Persen

Altaufik mengatakan, dengan penanaman bibit pohon, bisa memberikan manfaat secara umum kepada masyarakat, utamanya yang tinggal di kawasan perumahan dan sekitarnya.

Dirinya pun berharap, penanaman pohon bisa memberikan manfaat baik kepada lingkungan sekitar dan memberikan kenyamanan bagi masyarakat.

Manajemen Bank BTN Cabanr Kendari, Dyah Respati Woro Haniswari, menambahkan penanaman pohon ini merupakan bagian dari program nasional ‘Gerakan Tanam 45.000 Pohon’, sebagai wujud komitmen tanggungjawab sosial dan lingkungan dari Bank BTN yang peduli terhadap penghijauan khususnya di lingkungan perumahan. Apalagi di tengah pandemi seperti sekarang, perlu terus menciptakan pola hidup bersih dan sehat.

“Besar harapan kami dengan penanaman pohon di sekitar area perumahan, akan menciptakan kawasan perumahan menjadi lebih hijau dan asri, sehingga udara juga menjadi lebih segar dan nyaman bagi semua penghuninya,” tuturnya.

Terkait program KPR BTN yang sedang digenjot, BTN menghadirkan program KPR BP2BT yakni KPR subsidi setelah kuota FLPP ditutup.

Kemudian, program KPR Tapera yaitu program KPR yang diperuntukkan khusus bagi ASN/PNS. Ada juga program KPR MLT BPJS, yakni program KPR yang diperuntukkan bagi nasabah yang menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan, serta program KPR Gaess yakni program KPR untuk menyasar nasabah generasi muda di bawah umur 30 tahun.

Baca:   Puting Beliung Rusaki Aliran Listrik di Wakatobi, 35 Wilayah Sempat Gelap Gulita

Dalam rangkaian HUT KPR ke- 45, Bank BTN memiliki target untuk BP2BT seluruh Indonesia sebanyak 11 ribu unit, dan per 20 November lalu sudah mencapai sekitar 6.357 unit.

Angka ini cukup luar biasa sehingga BTN optimistis hingga akhir tahun bisa mencapai 11 ribu.

Sementara itu terkait dengan progres penjualan perumahan Swarna Dwipa Residence, Direktur Utama PT SDR Rony, mengatakan Perumahan Swarna Dwipa Residence merupakan hunian subsidi berkelas dengan pengembangan terluas dan bernuansa islami.

“Proyek tahap pertama Perumahan Swarna  Dwipa Residence semuanya sudah sold out. Untuk merespon pasar segera akan dibangun Perumahan Swarna  Dwipa Residence tahap dua sebanyak 500 unit,” ucap Rony.

Laporan: Hasrul Tamrin

  • Bagikan