Bank Sultra Siapkan Modal Usaha untuk Pelaku UMK di Kendari

  • Bagikan
Penandatanganan MoU antara Bank Sultra, Pemkot Kendari dan Baznas Kota Kendari. (Foto: Dok. Bank Sultra)
Penandatanganan MoU antara Bank Sultra, Pemkot Kendari dan Baznas Kota Kendari. (Foto: Dok. Bank Sultra)

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir, melaunching Program Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) disalah satu hotel di Kota Kendari, Kamis (23 Juni 2022).

Program TPAKD tersebut memilki tiga fokus utama yakni Program Kredit Melawan Renternir atau Iyamo Persayai Rentenir (AMAN), dan Program Satu Rekening Satu Pelajar Ciptakan Lingkungan Tanpa Sampah (KEJAR TUNTAS). Serta program Satu Rekening Satu Pelajar Gapai Inklusi Keuangan (SAGUKU).

Sebagai Bank Pembangunan Daerah (BPD) dengan tagline Maju Bersama Bank Sultra turut berpartisipasi dalam program TPAKD melalui Penandatanganan Nota Kesepakatan Memorandum of Understanding (MoU) antara Bank Sultra, Pemerintah Kota Kendari dan Baznas Kota Kendari.

Direktur Pemasaran Bank Sultra, Hayati Hasan, menjelaskan bahwa Kerjasama tersebut bertujuan untuk meminimalisir ketergantungan para pedagang meminjam uang kepada rentenir atau pinjol illegal.

“Pinjol saat ini sedang marak, jadi dengan adanya MoU ini kami akan memberikan modal kerja bagi para pelaku Usaha Mikro Kecil (UMK) di Kota Kendari, melalui fasilitas kredit dengan bunga yang rendah di Bank Sultra,” ujar Hayati.

Sementara itu, Walikota Kendari, Zulkarnain Kadir, menyampaikan sesuai tema yang telang diusung yakni Program Satukan Aksi Keuangan Inklusif Untuk Kendari Sukses (AKSESKU).

Baca:   Ini Bunyi SMS Terakhir Pria yang Lompat dari Atap Mall Mandonga

Maka program ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat Kota Kendari dalam hal literasi dan Inklusi keuangan, serta mendorong percepatan akses keuangan di Kota Kendari

“Kemajuan teknologi memicu munculnya aplikasi-aplikasi pinjaman uang secara online, sehingga dalam hal ini dibutuhkan pemahaman dan pengetahuan masyarakat sebelum menggunakan fasilitas tersebut,” ujarnya

“Jangan sampai timbul kerugian yang hanya menguntungkan satu pihak semata,” sambungnya.

Dia, juga mengapresiasi Bank Sultra serta beberapa lembaga keuangan lainnya bersama Tim TPKAD yang terus mendukung program Pemkot Kendari dalam rangka meningkatkan literasi dan inklusi keuangan dan mendorong akses keuangan di Kota Kendari.

Kepala Otoritas Jasa Keuagan (OJK) Sultra, Arjaya Dwi Raya, juga mengatakan hadirnya program unggulan TPAKD ini dapat mendorong perekonomian khususnya di Kota Kendari melalui akses masyarakat kepada sektor jasa keuangan dan tentunya dengan peningkatan literasi yang baik.

“Dalam menjalankan program TPAKD harus di perhatikan keragaman budaya dan potensi unggulan di masing-masing daerah dengan terus berinovasi dalam pembangunan produk untuk mendorong tingkat inklusi dan literasi keuangan,” kata Arjaya.

Dalam kegiatan tersebut turut hadir Walikota Kendari,Sulkarnain Kadir; Kepala OJK Sultra, Arjaya Dwi Raya; Plh. Sekretaris Kota Kendari, Susanti; Kabag Perekonomian Setda Kota Kendari, Ratna Dewi; dan Pimpinan Lembaga Keuangan/BUMN/BUMD lainnya. (B)

Baca:   Satpol PP Kendari Sweeping THM, Ini Hasilnya

Laporan: Wa Rifin
Editor: Hasrul Tamrin

  • Bagikan