Bapenda Konawe Proyeksi PAD Konawe 2023 Alami Penurunan

  • Bagikan
Kepala Bapenda Konawe, Cici Ita Restianti. (Foto: Ist)

SULTRAKINI.COM: KONAWE – Badan Pendapat Daerah (Bapenda) Kabupaten Konawe memproyeksikan jika Pendapatan Asli Daerah (PAD) tahun 2023 mendatang akan mengalami penurunan yang signifikan.

Kepala Bapenda Konawe, Cici Ita Restianti, mengatakan, pada tahun 2023 mendatang memproyeksikan akan adanya lost PAD sekitar Rp130 miliar.

Hal itu disebabkan, karena adanya peraturan baru terkait penarikan retribusi, sehingga dalam pemungutan Pajak Penerangan Jalan (PJJ) listrik maupun non listrik tidak lagi dilakukan oleh pihak Bapenda.

“Padahal pendapatan daerah kita disitu sangat banyak, pada tahun lalu capaian pajak kita pada sektor itu sebanyak 61 miliar,” ungkapnya, Selasa (13 September 2022).

Cici menyebut, dengan adanya Undang-undang Momor 1 Tahun 2022 banyak regulasi yang tidak bisa lagi menambah pendapatan daerah, baik dari Bapenda, Dinas Perhubungan, dan juga Dinas Pariwisata.

“Ini sekarang, kita hanya melakukan pemungutan PPJ untuk tahun lalu namun dibayarkan tahun ini,” ucapnya.

Sementara itu, untuk memalisir adanya lost pendapatan pada tahun 2023 mendatang, pihaknya akan menggali potensi – potensi yang ada. Sala satunya dengan menerapkan pemungutan retribusi sampah dan parkir.

“Semoga kedepannya bisa berjalan optimal, sehingga PAD kita lebih baik lagi,” pungkasnya.


Laporan: Hasrul Tamrin

Baca:   Jumlah Angkatan Kerja di Sultra Turun 100,07 Ribu Orang
  • Bagikan