Anggaran Awal Antisipasi Covid-19 di Wakatobi Senilai Rp 400 Juta

SULTRAKINI.COM: WAKATOBI – Pemerintah Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara mempersiapkan anggaran tahap awal mengantisipasi penyebaran virus Corona (Covid-19) sekitar Rp 400 juta.

Presiden RI, Joko Widodo menginstrusikan kepada seluruh menteri, kepala daerah bahwa APBN, APBD, hingga APBDes dapat digunakan untuk penanganan Covid-19.

“Anggaran ini akan digunakan untuk belanjaan Alat Pelindung Diri (APD) petugas medis, hand sanitizer, dan alkohol,” jelas Kepala Dinas Kesehatan Wakatobi, Muliaddin, Senin (23/3/2020).

Anggaran tersebut, lanjutnya, berasal dari APBD Wakatobi tahun 2020 sehingga dalam waktu dekat ini Pemda Wakatobi segera mencairkan untuk secepatnya dibelanjakan kebutuhan medis dalam upaya pencegahan penyebaran dan penanganan virus Corona sebelum munculnya pasien.

“Kita akan beli APD di Makassar supaya lebih cepat,” terangnya.

Fortune

Pemda Wakatobi juga memesan APD sebanyak 2.016 dari Pemerintah pusat dan sedang dalam perjalanan ke Wakatobi.

APD ini sangat dibutuhkan oleh petugas medis guna melindungi petugas sebagai gardan terdepan penanganan Covid-19 di wilayah setempat. Sebab, APD memiliki standar tertentu, berbeda dengan APD penyakit biasa yang selama ini tersedia di rumah sakit.

“Karena kalau yang bukan standar kita khawatir jangan sampai tenaga medis kita terinfeksi. Tapi kita berdoa mudah-mudahan di Wakatobi tidak ada kasus (Covid-19),” ucapnya.

Untuk diketahui, informasi terakhir perkembangan virus Corona di Provinsi Sultra, yakni tiga orang positif Covid-19, 26 orang dalam pengawasan, dan 133 orang dalam pemantauan.

(Baca juga: Dampak Virus Corona, Jadwal SKB CPNS 2019 di Wakatobi Ditunda)

Laporan: Amran Mustar Ode
Editor: Sarini Ido

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.