Berlakukan Perda Ternak, Distanak Konut Amankan Dua Ekor Sapi Berkeliaran

SULTRAKINI.COM: KONAWE UTARA – Pemerintah Daerah Kabupaten Konawe Utara (Konut) melalui Dinas Tanaman Pangan dan Peternakan (Distanak) mulai menertibkan hewan ternak yang berkeliaran di seputaran kantor ibukota.

Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Peternakan melalui Kabid Peternakan Juliadin, mengatakan penertiban ternak tersebut sesuai dengan ketentuan peraturan daerah (Perda) Nomor 4 Tahun 2017 tentang penertiban hewan ternak.

“Sosialisasi sudah kita lakukan sejak 2018, dan tahun ini kita sudah akan melakukan penindakan, sesuai dengan ketentuan Perda, dimana hewan itu harus dikandangkan dan talinisasi,” kata Juliadin, Rabu (13/01/2021).

Lanjut Juliadin, atas pemberlakuan Perda tersebut pasca disosialisasikan dari Distanak bersama Satpol PP sudah menertibkan dua ekor sapi yang berkeliaran di seputaran kantor ibu kota, selanjutnya sapi tersebut kandangkan sembari menunggu pemiliknya.

“Jadi dalam kurun waktu 7 hari ternak yang ditertibkan tidak ada pemiliknya yang datang, maka Pemda akan melakukan lelang melalui Dinas Tanaman Pangan dan Peternakan,” tegasnya.

Dua ekor sapi diamankan Distanak Konut bersama petugas Perda yang berkeliaran di wilayah ibu kota (Foto: Aripin Lapotende/SULTRAKINI.COM)

Dia juga menjelaskan, dalam penegakan Perda tersebut Distanak menargetkan akan melakukan operasi untuk awal tahun, sampai tiga bulan kedepan masih di seputaran ibu kota selanjut akan melebar ke kecamatan lain.

“Kami berharap kepada masyarakat kiranya dapat memelihara ternaknya sesuai dengan peraturan daerah yaitu di kandangkan dan di talinisasi. Apabila tidak diindahkan, maka pihak penegakan Perda dalam hal ini Satpol PP dan petugas peternakan akan menindak ternak-ternak yang berkeliaran,” ujarnya.

Menurutnya, penerapan Perda ini dalam rangka meningkatkan ketertiban dan hewan tersebut sudah sangat meresahkan khususnya di sekitaran Ibu kota. (B)

Laporan: Aripin Lapotende
Editor: Hasrul Tamrin

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.