Daratan Muna Diguncang Gempa Tektonik 2.9 SR

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Wilayah Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara (Sultra), diguncang gempa tektonik pada Minggu (23/9/2018) pukul 03:08:42 Wita berkekuatan 2,9 skala richter.

Data Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Sultra, titik gempa terjadi pada kedalaman 30 meter sekitar 39,9 kilometer baratdaya Raha-Kabupaten Muna, Sultra.

“Berdasarkan laporan masyarakat menunjukkan bahwa dampak gempa bumi berupa guncangan dirasakan oleh masyarakat Desa Oempu, Kecamatan Tongkuno, Kabupaten Muna, Sultra, dalam skala intensitas II SIG BMKG. Sampai dengan saat laporan ini dibuat belum ada informasi adanya kerusakan akibat gempa bumi tersebut,” ujar Kepala Stasiun Geofisika Kendari, Rosa Amelia, S.Si dalam siaran persnya, Minggu (23/9/2018).

Rosa menambahkan, hingga kini belum terjadi lagi aktivitas gempa susulan. Masyarakat diimbau tetap tenang dan melakukan aktivitas seperti biasa. Gempa juga tidak berpotensi tsunami.

“Ditinjau dari kedalamannya, gempa bumi ini merupakan gempa bumi dangkal akibat aktivitas Sesar Buton yang berada di Pulau Muna,” jelas Rosa.

Laporan: Wayan Sukanta
Editor: Sarini Ido

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.