Desa Laburunci Wakili Buton dalam Lomba PKK KKBPK Kesehatan se-Sultra

SULTRAKINI.COM: BUTON – Acara Pencanangan Bakti Sosial Pembinaan Kesejahteraan Keluarga Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga Keluarga Berencana (PKK-KKBPK-KB) Kesehatan Tingkat Provinsi di Desa Laburunci, Kecamatan Pasarwajo, Kabupaten Buton digelar di Pelataran aula pertemuan desa Laburunci pada Rabu (8 Januari 2020).

Lomba PKK KKBPK Kesehatan di Desa Laburunci dibuka dengan resmi oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Buton, La Ode Zilfar Djafar mewakili Bupati Buton La Bakry.

Zilfar mengatakan kesatuan gerak PKK KKBPK Kesehatan adalah implementasi kerjasama dan koordinasi lintas sektoral dalam pemerintahan. Menurutnya salah satu permasalahan kependudukan dan pembangunan keluarga yang menjadi fokus pemerintah saat ini adalah stunting.

“Sejak beberapa tahun terakhir pemerintah menginstruksikan agar masing-masing SKPD dan organisasi terkait menyusun rencana dan melaksanakan aksi nyata penurunan dan eliminasi kejadian stunting ini” kata Zilfar

Zilfar PKK KKBPK menuturkan, kesehatan berpengalaman dalam pendidikan, advokasi, dan pemberdayaan keluarga Indonesia sangat berkepentingan dan memiliki peran besar dalam hal penurunan dan pencegahan stunting di Kabupaten Buton.

Kampus

Ketua Panitia Lomba, Maswati Madjid, mengatakan lomba yang digelar setiap tahun ini bertujuan untuk meningkatkan pelayanan yag merata dan diharapkan dapat bermuara pada pencapaian keluarga yang sehat menuju Indonesia yang sejahtera.

“Ini semua untuk memacu instesifikasi peran gerak PKK dalam program keluarga berencana dan pembangunan keluarga,” kata Maswati.

“Program pemerintah adalah pencegahan stunting dengan 1000 hari pertama kehidupan. Untuk itu, mari kita kembali galakkan KB,” ajak Maswati.

Perlu diketahuai Desa Laburunci adalah salah satu desa dari 13 desa dan 9 kelurahan yang tersebar di Kecamatan Pasarwajo dengan jumlah penduduk 3.074 jiwa, yang terdiri dari 719 KK dan 25 kelompok dasa wisma.

Laporan: Aisyah Welina
Editor: Habiruddin Daeng

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.